Pemupukan ganda atau peleburan rangkap tiga sering terjadi di __________

Pemupukan ganda atau fusi rangkap tiga umum terjadi pada angiospermae.

Mari kita pelajari tentang pembuahan ganda dan fusi rangkap

Pemupukan ganda

Dalam fenomena tersebut, satu gamet betina bersatu dengan dua gamet jantan. Salah satu gamet jantan membuahi sel telur menghasilkan pembentukan zigot dan yang lainnya bersatu dengan 2 inti kutub untuk pembentukan endosperma.

Fusi rangkap tiga

Fusi rangkap tiga didefinisikan sebagai fusi yang terjadi antara dua inti kutub dan inti sperma. Hal ini terjadi selama pembuahan ganda pada tanaman berbiji, dan karena itu memberikan asal ke inti triploid yang dikenal sebagai Inti Endosperm Primer (PEN). PEN kemudian berkembang menjadi endosperma.

Pembuahan ganda atau fusi tiga kali lipat pada angiospermae

Proses fusi terjadi di kantung embrio angiospermae. Dalam hal pembuahan, ketika stigma bersentuhan dengan butiran serbuk sari, ia berkecambah, sehingga menimbulkan tabung serbuk sari yang memasuki bakal biji melalui stilus.

  • Tabung polen ini kemudian menembus ke salah satu sinergid, pos yang melepaskan dua gamet jantan.
  • Salah satu dari dua gamet jantan bergabung dengan inti sel telur untuk menghasilkan zigot, proses ini disebut syngamy.
  • Sebuah inti endosperm primer, triploid di alam terbentuk ketika gamet jantan lainnya bergabung dengan dua inti kutub yang ditemukan di sel pusat.
  • Karena prosesnya melibatkan penggabungan atau peleburan tiga inti haploid, ini dikenal sebagai fusi rangkap tiga.
  • Hasil akhirnya, akibat dari proses triple fusion adalah terbentuknya endosperma. Selama proses fusi rangkap tiga, perkembangan endosperm dari tiga jenis diperhatikan, yang diberikan di bawah ini:

(i) Perkembangan endosperm seluler – Contoh – Daging kelapa
(ii) Perkembangan endosperma nuklear – Endosperma cair dikembangkan dari perkembangan endosperma nukleus seperti air kelapa
(iii) Perkembangan endosperma helobial – Monokotil

Perbedaan antara fusi rangkap tiga dan pembuahan ganda

Perbedaan utama antara fusi rangkap dan pembuahan ganda adalah bahwa dalam pembuahan ganda, kantung embrio dan dua sel sperma menyatu, sedangkan inti sperma dan dua inti kutub menyatu di sel pusat kantung embrio dalam proses fusi rangkap tiga.

3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *