Jelaskan percobaan faraday secara rinci

Setiap kali jumlah garis gaya magnet dalam rangkaian berubah, ggl dihasilkan dan dikenal sebagai ggl induksi. Fenomena tersebut adalah induksi elektromagnetik. Arus induksi adalah arus yang mengalir ketika rangkaian ditutup. Arus dan ggl induksi ini hanya berlangsung selama beberapa waktu sementara fluks magnet berubah.

Percobaan: Induksi dari magnet yang bergerak melalui kumparan

Faraday menggunakan tabung karton dengan kawat berinsulasi melilitnya untuk membentuk koil. Sebuah voltmeter dihubungkan melintasi koil, dan EMF yang diinduksi dibaca sebagai magnet dilewatkan melalui koil. Dia mengamati yang berikut:

  1. Magnet diam di dalam atau di dekat kumparan: Tidak ada tegangan yang diamati.
  2. Magnet bergerak menuju koil: Beberapa tegangan diukur, naik ke puncak saat magnet mendekati pusat koil.
  3. Magnet melewati bagian tengah kumparan: Tegangan terukur dengan cepat berubah tanda.
  4. Magnet keluar dan menjauh dari kumparan: Tegangan diukur dalam arah yang berlawanan dengan kotak magnet sebelumnya yang bergerak ke dalam kumparan.

Magnet stasioner mungkin menghasilkan medan magnet yang besar; tidak ada EMF yang dapat diinduksi karena fluks yang melalui kumparan tidak berubah. Ketika magnet bergerak lebih dekat ke kumparan, fluks meningkat dengan cepat sampai magnet berada di dalam kumparan. Saat melewati kumparan, fluks magnet melalui kumparan mulai berkurang. EMF yang diinduksi dibalik secara bertahap.

2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *