Jelaskan pentingnya konservasi sumber daya?

Sumber daya alam adalah sesuatu yang berasal dari alam dan manusia tidak dapat membuat sumber daya alam, tetapi mereka dapat mengumpulkannya. Sumber daya alam adalah anugerah alam bagi umat manusia. Sumber daya seperti kayu, batu, timah, logam, udara, dan banyak lagi diklasifikasikan dalam sumber daya alam. Sumber daya alam diperoleh langsung dari Bumi. Benda-benda buatan manusia menggunakan sumber daya ini untuk keuntungan mereka. Sekarang beri tahu kita apa itu sumber daya alam.

Eksploitasi sumber daya alam

Gaya hidup cararn dan kemajuan teknologi berdampak sangat buruk terhadap sumber daya alam . Sumber daya alam seperti batu bara dan minyak bumi menipis dengan sangat cepat, dan begitu habis, kita harus bergantung pada sumber energi lain.

Polusi

  • Pencemaran lingkungan adalah salah satu masalah terbesar yang kita hadapi saat ini.
  • Ini mengacu pada pencemaran lingkungan di sekitar kita karena aktivitas kita.
  • Pencemaran lingkungan ini mencakup semua aspek pencemaran seperti pencemaran udara, pencemaran tanah, dan pencemaran air.

Populasi

Populasi kita telah mengalami pertumbuhan eksplosif. Populasi kita saat ini mencapai 7,5 miliar dan ini bukan bagian yang menakutkan. Populasi yang terus meningkat mengundang ancaman terhadap alam dan mengakibatkan kekurangan sumber daya.

Teknologi

Dengan kemajuan teknologi, kita sekarang memiliki rig minyak terapung minyak besar-besaran untuk mengebor lubang yang dalam di permukaan bumi dan mengekstrak minyak. kita juga telah meratakan bermil-mil hutan, sumber daya alam yang penting untuk kepentingan pertanian dan pembangunan ekonomi.

Konservasi sumber daya alam

Sangat penting bahwa sumber daya alam ini dilestarikan karena mereka semakin habis pada tingkat yang mengkhawatirkan. Selain itu juga berdampak buruk terhadap lingkungan yang secara tidak langsung merugikan makhluk hidup. Gaya hidup cararn dan kemajuan teknologi membawa dampak yang sangat buruk terhadap sumber daya alam. Sumber daya alam seperti batu bara dan minyak bumi menipis dengan sangat cepat, dan begitu habis, kita harus bergantung pada sumber energi lain. Oleh karena itu, sangat perlu bagi kita manusia untuk bertindak dengan cara yang menjamin kelestarian sumber daya alam.

Cara melestarikan sumber daya alam tercantum di bawah ini

  • Berjalan kaki atau bersepeda untuk jarak pendek
  • Penggunaan kantong kain sebagai pengganti kantong plastik
  • Cobalah untuk mengurangi penggunaan plastik dan cobalah untuk menggantinya dengan wadah logam atau yang dapat terurai secara hayati
  • Menggunakan limbah dapur sebagai pupuk kandang bukan pupuk
  • Memiliki taman dapur kecil untuk suplai oksigen dan penghijauan di rumah
  • Menggunakan transportasi umum, pooling mobil atau sepeda untuk menempuh jarak yang sama
  • Hindari pemborosan makanan
  • Coba gunakan sepeda atau mobil listrik daripada yang berbahan bakar
  • Beli produk yang terbuat dari bahan daur ulang
  • Daur ulang bahan seperti kaleng logam, ponsel bekas, dan botol plastik
  • Menghemat energi di rumah (mematikan lampu saat tidak diperlukan)

Mengikuti cara-cara yang disebutkan di atas dapat berkontribusi pada konservasi sumber daya alam. Membangun kesadaran masyarakat itu perlu. Sekarang saatnya untuk mengambil tindakan dan mulai menyelamatkan planet bumi kita.

Artikel untuk Dijelajahi:

  1. Apa saja macam-macam sumber daya?
  2. Tulislah catatan singkat tentang konservasi sumber daya alam.
3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *