Jelaskan pengaruh perubahan indeks bias pada berbagai faktor

Perubahan indeks bias mempengaruhi faktor cahaya yang berbeda dalam gelombang yang berbeda. Faktor utama yang berubah karena perubahan indeks bias adalah kecepatan cahaya dan arah sinar cahaya. Perubahan tersebut dijelaskan sebagai berikut:

  • Kecepatan cahaya – Pada paragraf terakhir, kita mendapat gagasan bahwa jika indeks bias suatu medium tinggi, sulit bagi sinar cahaya untuk melewatinya. Jika demikian, sebagian energi sinar cahaya akan habis dalam perambatan melalui medium. Karena ini, kecepatan cahaya berkurang dalam medium yang memiliki indeks bias tinggi. Demikian pula, jika mediumnya lebih jarang atau memiliki indeks bias rendah, maka kecepatan sinar cahaya melalui medium itu tinggi.
  • Arah rambat – Karena perubahan kecepatan, arah sinar cahaya juga berubah sesuai dengan perubahan kerapatan bias medium yang dilaluinya. Jika cahaya merambat dari medium yang lebih rapat ke medium yang lebih jarang, sinar cahaya bergerak menjauhi garis normal ke permukaan partisi medium. Demikian pula, jika sinar cahaya merambat dari medium yang lebih jarang ke medium yang lebih rapat, maka sinar cahaya bergerak menuju garis normal ke permukaan partisi medium.
2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *