Jelaskan Minor dan Kofaktor

Isi

Penyelesaian:

Minor dan kofaktor dalam matriks adalah dua istilah yang paling penting karena sangat penting karena menentukan adjoint matriks dan inversnya. Hal ini diperlukan untuk menemukan minor dari matriks tersebut dan kemudian kofaktor dari matriks tersebut untuk menemukan determinan dari matriks persegi besar (seperti 4 × 4).

Anak di bawah umur

Minor dideskripsikan sebagai determinan suatu unsur dalam matriks yang diperoleh dengan menghilangkan baris dan kolom tempat unsur tersebut berada.

Contoh:

(D=left| begin{matrix} {{a}_{11}} & {{a}_{12}} & {{a}_{13}} {{a}_{21 }} & {{a}_{22}} & {{a}_{23}} {{a}_{31}} & {{a}_{32}} & {{a}_{ 33}} end{matriks} kanan|,)

minor dari ({{a}_{12}}) dilambangkan sebagai ({{M}_{12}}=left| begin{matrix} {{a}_{21}} & {{ a}_{23}} {{a}_{31}} & {{a}_{33}} end{matrix} right|)

Kofaktor

Kofaktor diidentifikasi sebagai minor yang telah ditandatangani. A = (-1)i+j M, di mana M adalah minor dari a ij , adalah kofaktor dari unsur a ij , dilambangkan dengan A ij .

Kofaktor suatu unsur ({{a}_{i,j}}) terkait dengan minornya sebagai ({{C}_{i,j}}={{left( -1 right )}^{i+j}}{{M}_{i,j}},) di mana ‘i’ menunjukkan baris ({{i}^{th}}) dan ‘j’ menunjukkan baris ({{j}^{th}}) kolom tempat unsur ({{a}_{i,j}}) berada.

10

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *