Jelaskan Metode Integrasi

Karena integrasi adalah proses menghormati diferensiasi. Ini dipelajari di bawah cabang kalkulus yang dikenal sebagai kalkulus integral. Integrasi adalah bagian yang sangat penting dari matematika. Dalam matematika terapan, ada banyak masalah yang melibatkan integrasi fungsi. Integrasi lebih merupakan seni dibandingkan dengan proses lain dalam matematika.

Metode integrasi

Ada berbagai metode atau teknik integrasi yang harus dan; dipilih dengan bijak untuk mendapatkan yang sesuai; integral dari suatu fungsi. Metode integrasi utama tercantum di bawah ini:

  • Integrasi dengan Substitusi: Dalam cara integrasi ini, integral apa pun ditransformasikan ke dalam bentuk integral sederhana dengan mensubstitusi variabel bebas dengan yang lain.
  • Integrasi berdasarkan Bagian: Integrasi berdasarkan bagian membutuhkan teknik khusus untuk integrasi suatu fungsi, di mana fungsi integral adalah kelipatan dari dua atau lebih fungsi.
  • Integrasi Menggunakan Identitas Trigonometri: Dalam integrasi suatu fungsi, jika integran melibatkan segala jenis fungsi trigonometri, maka kita menerapkan identitas trigonometri untuk menyederhanakan fungsi yang dapat dengan mudah diintegrasikan.
  • Integrasi Beberapa fungsi tertentu: Integrasi beberapa fungsi tertentu mencakup beberapa rumus penting integrasi yang dapat dipraktikkan untuk membuat integrasi lain ke dalam bentuk standar integran.
  • Integrasi dengan Pecahan Parsial: Fungsi rasional yang diberikan didefinisikan sebagai rasio dua polinomial yang dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan parsial: P(x)/Q(x), di mana Q(x)≠0 dan kemudian dapat terintegrasi.

10

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *