Jelaskan mekanisme jalur Hatch dan Slack pada tumbuhan c4.

Isi

Penyelesaian:

Fotosintesis adalah proses biologis dimana semua tumbuhan hijau, bakteri fotosintetik dan autotrof lainnya mengubah energi cahaya menjadi energi kimia. Dalam proses ini, glukosa disintesis dari karbon dioksida dan air dengan adanya sinar matahari. Selanjutnya, gas oksigen dilepaskan ke atmosfer sebagai produk sampingan dari fotosintesis.

Persamaan kimia yang seimbang untuk proses fotosintesis adalah sebagai berikut:

6CO 2 + 6H 2 O —> C 6 H 12 O 6 + 6O 2

Sinar matahari adalah sumber energi utama. Tumbuhan menggunakan energi cahaya ini untuk menyiapkan energi kimia selama proses fotosintesis.

Jalur C4 (Jalur Hatch dan Slack)

Setiap tanaman fotosintesis mengikuti siklus Calvin tetapi di beberapa tanaman, ada tahap utama untuk Siklus Calvin yang dikenal sebagai jalur C4. Tumbuhan di daerah gurun tropis umumnya mengikuti jalur C4. Di sini, senyawa 4-karbon yang disebut asam oksaloasetat (OAA) adalah produk pertama dengan fiksasi karbon. Tanaman seperti itu istimewa dan memiliki adaptasi tertentu juga.

Jalur C4 dimulai dengan molekul yang disebut phosphoenolpyruvate (PEP) yang merupakan molekul 3-karbon. Ini adalah akseptor CO2 utama dan karboksilasi terjadi dengan bantuan enzim yang disebut PEP karboksilase. Mereka menghasilkan molekul 4-C yang disebut asam oksaloasetat (OAA).

Akhirnya, itu diubah menjadi senyawa 4-karbon lain yang dikenal sebagai asam malat. Kemudian, mereka dipindahkan dari sel mesofil ke sel selubung bundel. Di sini, OAA dipecah untuk menghasilkan karbon dioksida dan molekul 3-C.

CO2 yang terbentuk digunakan dalam siklus Calvin sedangkan molekul 3-C ditransfer kembali ke sel mesofil untuk regenerasi PEP.

Jagung, tebu dan beberapa perdu adalah contoh tumbuhan yang mengikuti jalur C4. Jalur Calvin adalah jalur umum di tanaman C3 dan tanaman C4 tetapi hanya terjadi di sel mesofil Tanaman C3 tetapi tidak di Tanaman C4.

3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *