Jelaskan hukum gerak Newton?

Isaac Newton adalah ilmuwan terbesar yang pernah hidup. Filsuf alam termasyhur lahir di Woolsthorpe Manor di Lincolnshire. Dia adalah salah satu pemikir terbesar zaman cararn.

Pada tahun 1666, jatuhnya sebuah apel menyebabkan penemuan terbesarnya – hukum gravitasi. Dia dianugerahi gelar kebangsawanan pada tahun 1705. Ide-ide barunya telah memberikan konsep dan hukum besar tentang gerak dan gravitasi. Hukum geraknya dapat menunjukkan gambaran yang jelas tentang gerak suatu benda ketika gaya diterapkan pada benda tersebut. Selanjutnya konsep gravitasi dan hukum gravitasi universal telah memberikan dimensi baru pada fisika.

Pertanyaan seperti mengapa benda jatuh ke bawah? dan bagaimana benda-benda alam semesta mampu bergerak tanpa ada gaya yang diterapkan, telah terjawab setelah pengembangan konsep gravitasi. Jadi, ini disebut teori Gravitasi Isaac Newton yang merupakan teori terkenal di seluruh dunia yang menjawab begitu banyak pertanyaan dan banyak membantu dalam banyak perhitungan ilmiah.

Hukum Gerak Newton

Tiga hukum gerak membantu kita memahami bagaimana benda berperilaku ketika mereka berdiri diam, ketika bergerak dan ketika gaya bekerja pada mereka.

  • Hukum 1 Newton – Menyatakan bahwa benda yang diam atau bergerak seragam akan terus diam atau bergerak seragam sampai dan kecuali ada gaya eksternal bersih yang bekerja padanya.
  • Hukum 2 Newton – Menyatakan bahwa percepatan suatu benda yang dihasilkan oleh gaya total berbanding lurus dengan besarnya gaya total, searah dengan gaya total, dan berbanding terbalik dengan massa benda.
  • Hukum III Newton – Menyatakan bahwa untuk setiap aksi ada reaksi yang sama besar dan berlawanan arah.
2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *