Jelaskan difraksi dengan bantuan sebuah contoh

Perhatikan.

Seberkas sinar sejajar dari lensa yang jatuh pada celah AB. Sebagai. difraksi terjadi, pola difokuskan pada layar XY dengan. bantuan lensa L2. Setiap titik pada bagian yang tidak diblokir. muka gelombang bidang AB mengirimkan wavelet sekunder ke segala arah. NS. gelombang dari titik-titik yang berjarak sama dari pusat C yang terletak di atas seperti yang kita inginkan. bagian bawah mencapai titik O dengan perbedaan jalur menjadi nol seperti yang kita inginkan. saling menguatkan menghasilkan intensitas maksimum pada titik 0.

Gelombang merambat dari medium yang lebih rapat ke medium yang kurang rapat. Ini tidak berhenti sampai ini tercapai di akhir media. Istilah refleksi, difraksi seperti yang kita inginkan sebagai pembiasan sangat mirip satu sama lain. Pemantulan adalah proses yang meliputi perubahan arah gelombang ketika gelombang dipantulkan dari tepi penghalang sedangkan pembiasan gelombang melibatkan perubahan arah gelombang ketika gelombang merambat dari satu medium ke medium lain.

Difraksi adalah proses perubahan arah gelombang ketika gelombang melewati penghalang di jalur perjalanannya. Difraksi dapat dideteksi dengan menggunakan penghalang kecil di jalur gelombang air dalam tangki riak. Disini kita akan membahas tentang proses difraksi, macam-macamnya dengan percobaan celah tunggal. Besarnya difraksi menunjukkan ketajaman belokan yang bergantung pada panjang gelombang. Ini meningkat dengan meningkatnya panjang gelombang. Mari kita bahas difraksi secara rinci.

2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *