Jelaskan diagram tingkat energi secara rinci

Berikut ini, harus diingat dalam diagram tingkat energi-

  1. i) Materi yang mengandung atom dan molekul, dapat mengalami, transisi elektronik, getaran, rotasi dll. Masing-masing, aktivitas memiliki tingkat energi untuk eksitasi. Dengan demikian, masing-masing eksitasi dapat menyerap energi dengan besaran yang berbeda. Tergantung pada energi yang tersedia dalam sumber energi, materi dapat menyerap energi dan menggunakannya untuk menarik satu atau lebih keadaan elektronik, getaran, atau rotasi, dll., ke tingkat (tingkat) energi yang lebih tinggi.
  2. ii) Tingkat energi dikuantisasi. Kuantisasi tingkat energi, mencegah materi untuk tidak menyerap tidak menyerap semua energi yang jatuh di atasnya, tetapi hanya energi selektif.

iii) Celah energi terkuantisasi adalah karakteristik dari setiap atom atau molekul. Jadi, energi absorpsi atau emisi merupakan karakteristik dari atom/molekul suatu radiasi. Dengan kata lain, energi tertentu yang diserap atau dipancarkan oleh satu atom mungkin tidak diserap atau dipancarkan oleh atom/molekul lain.

  1. iv) Beberapa tingkat energi tereksitasi (keadaan) dimungkinkan untuk setiap aktivitas.
  2. v) Energi tingkat yang lebih tinggi juga terkuantisasi. Kesenjangan energi antara tingkat energi yang berurutan berkurang, sehingga pada energi yang sangat tinggi mereka cenderung bergabung.
  3. vi) Jumlah eksitasi antara tingkat energi yang berbeda dibatasi oleh ‘aturan terlarang’.
2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *