Jelaskan berikut ini. (a) Mengapa tungsten digunakan hampir secara eksklusif untuk filamen lampu listrik? (b) Mengapa konduktor alat pemanas listrik, seperti pemanggang roti dan setrika listrik, terbuat dari paduan daripada logam murni? (c) Mengapa susunan seri tidak digunakan untuk sirkit domestik? (d) Bagaimana hambatan kawat bervariasi dengan luas penampang? (e) Mengapa kabel tembaga dan aluminium biasanya digunakan untuk transmisi listrik?

(a) Tungsten digunakan sebagai filamen dalam bola lampu listrik

Titik leleh dan resistivitas Tungsten sangat tinggi. Pada suhu tinggi, itu tidak terbakar dengan baik. Suhu lampu listrik sangat tinggi. Oleh karena itu, tungsten terutama digunakan sebagai unsur pemanas bola lampu listrik. Tungsten memiliki titik leleh yang sangat tinggi dan resistivitas yang sangat tinggi sehingga tidak mudah terbakar pada suhu tinggi.

(b) Konduktor alat pemanas listrik, seperti pemanggang roti dan setrika listrik, terbuat dari paduan

Konduktor alat pemanas listrik seperti pemanggang roti dan setrika listrik terbuat dari paduan karena resistivitas paduan lebih dari logam yang menghasilkan sejumlah besar panas.

  • Pada suhu tinggi, paduan tidak teroksidasi.
  • Paduan tidak mudah meleleh dan berubah bentuk.
  • Paduan memiliki koefisien resistansi suhu rendah

Oleh karena itu, paduan digunakan dalam perangkat pemanas listrik, seperti pemanggang roti dan setrika listrik

(c) Susunan seri tidak digunakan untuk sirkit domestik

Pada rangkaian seri tegangan dibagi. Setiap komponen rangkaian seri menerima tegangan yang kecil sehingga jumlah arus berkurang dan alat menjadi panas dan tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu, susunan seri tidak digunakan pada rangkaian domestik.

(d) Hambatan seutas kawat bervariasi dengan luas penampangnya

Resistansi (R) dari sebuah kawat berbanding terbalik dengan luas penampangnya (A), yaitu ketika luas penampang bertambah, resistansi berkurang atau sebaliknya.

Hubungan hambatan dan panjang dapat dinyatakan secara matematis sebagai berikut:

R=ρLA
Dimana,

R adalah resistansi yang diukur menggunakan ohm.
L adalah panjang bahan yang diukur dengan menggunakan meteran.
A adalah luas penampang yang diukur dalam m2.
adalah resistivitas bahan yang diukur menggunakan ohm/meter

(e) Kabel tembaga dan aluminium biasanya digunakan untuk transmisi listrik

Tembaga dan aluminium adalah konduktor listrik yang baik juga memiliki resistivitas yang rendah. Jadi mereka biasanya digunakan untuk transmisi listrik. Mereka memiliki resistansi yang sangat rendah dan memungkinkan arus mengalir melaluinya dengan mudah. Oleh karena itu, mereka digunakan untuk membuat kabel untuk transmisi listrik.

2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *