Jelaskan apa yang dimaksud dengan gelombang longitudinal?

Ini adalah sejenis gerakan gelombang di mana partikel individu dari suatu medium melakukan gerakan periodik tentang posisi rata-rata mereka di sepanjang arah rambat gelombang. Mari kita perhatikan sebuah pulsa yang bergerak menuruni pegas yang diregangkan panjang seperti yang ditunjukkan pada gambar. Ujung kiri pegas didorong sebentar ke kanan lalu ditarik sebentar ke kiri. Gerakan ini menciptakan kompresi tiba-tiba di daerah kumparan. Daerah terkompresi bergerak di sepanjang pegas (ke kanan pada gambar). Perhatikan bahwa arah perpindahan kumparan sejajar dengan arah rambat daerah tekan.

Gelombang longitudinal sepanjang pegas yang diregangkan. Perpindahan kumparan searah dengan arah gerak gelombang. Setiap daerah terkompresi diikuti oleh daerah yang diregangkan.

Gelombang bunyi merupakan contoh gelombang longitudinal. Gangguan pada gelombang suara adalah rangkaian daerah bertekanan tinggi dan bertekanan rendah yang merambat melalui udara.

Gelombang longitudinal bergerak oleh fenomena kompresi dan penghalusan dalam medium.

Dalam kompresi, jarak antara dua partikel medium berurutan kurang dari jarak normalnya. Oleh karena itu, kerapatan lebih dari kerapatan normal. Dalam penghalusan, jarak antara dua partikel medium yang berurutan lebih dari jarak normal, oleh karena itu, kerapatan lebih kecil dari kerapatan normal.

  • Pada suatu saat, sebuah partikel dalam fase kompresi dan partikel lain dalam fase penghalusan persis keluar dari fase satu sama lain.
  • Semua partikel dalam fase kompresi berada dalam fase (pada waktu tertentu).
  • Semua partikel dalam fase penghalusan berada dalam fase (pada waktu tertentu).

Jarak antara dua kompresi berturut-turut atau penghalusan sama dengan panjang gelombang gelombang. Gelombang longitudinal dapat merambat melalui keadaan materi apa pun.

2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *