Cari tahu aplikasi dari semua gas inert.

Penyelesaian:

Gas mulia, juga dikenal sebagai gas inert dan aerogen, adalah unsur dari tabel periodik cararn dalam golongan 18. Berikut ini adalah anggota yang diidentifikasi sebagai gas Nobel.

  1. Helium (Dia)
  2. Neon (Ne)
  3. Argon (Ar)
  4. Kripton (Kr)
  5. Xenon (Xe)
  6. Radon (Rn)

Kulit terluar dari gas Nobel terisi penuh, sehingga mereka bersifat inert dengan rumus umum konfigurasi elektronik ns 2 np 6 . Gas mulia adalah gas monoatomik karena tidak reaktif di alam yang merupakan sifat dari gas-gas ini. Kombinasi dua istilah mono dan atom menyiratkan satu atom adalah monoatomik.

Kegunaan Mulia

  1. Dalam proses metalurgi, argon banyak digunakan untuk menyediakan atmosfer inert yang diperlukan. Atmosfer inert ini memainkan peran penting dalam pengelasan titanium, aluminium, stainless steel, dan magnesium. Ini juga digunakan dalam produksi titanium. Juga jumlah terbatas argon digunakan dalam germanium dan kristal silikon yang digunakan dalam bola lampu listrik, transistor, dll.
  2. Helium digunakan dalam reaktor nuklir sebagai gas pendingin dan digunakan sebagai aliran-gas dalam kromatografi cair-gas. Ia menemukan penerapannya di kapal udara dan balon helium.
  3. Balon helium digunakan untuk memeriksa cuaca suatu wilayah tertentu. Helium lebih disukai daripada hidrogen meskipun hidrogen lebih murah, karena helium sudah tersedia dan hidrogen sangat mudah terbakar. Oleh karena itu, karena masalah keamanan helium lebih disukai di pesawat.
  4. Ini digunakan oleh penyelam untuk mengencerkan oksigen di atas nitrogen dalam tabung gas yang digunakan oleh mereka karena nitrogen dapat dengan mudah larut dalam darah yang menghasilkan kondisi menyakitkan yang disebut tikungan. Risiko helium menyebabkan tikungan sedikit lebih rendah daripada nitrogen.
  5. Neon digunakan dalam tabung pelepasan yang merupakan alasan di balik cahaya oranye kemerahan yang dihasilkan oleh lampu neon.
  6. Xenon dan kripton menemukan aplikasinya dalam unit lampu kilat fotografi karena menghasilkan cahaya yang sangat terang. Ini juga digunakan di mercusuar.
  7. Neon, xenon, dan kripton digunakan untuk menghasilkan warna lampu yang berbeda.
5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *