Apakah transfer energi terjadi ketika Anda mendorong batu besar dengan sekuat tenaga dan gagal untuk memindahkannya? Ke mana perginya energi yang Anda keluarkan?

Isi

Saat kita mendorong batu besar, tidak ada transfer energi otot ke batu yang diam. Juga, tidak ada kehilangan energi karena energi otot ditransfer menjadi energi panas, yang menyebabkan tubuh kita menjadi panas. Dari kekekalan energi kita mengetahui bahwa energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, hanya dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

Apa itu energi?

Energi adalah besaran yang kekal dan hukum kekekalan energi menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, tetapi hanya dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Satuan SI untuk energi adalah Joule.

Perpindahan energi

Perpindahan energi dari satu lokasi ke lokasi lain dikenal sebagai transfer energi. Ada transfer energi yang terjadi sepanjang waktu – setiap kali suatu sistem berubah, ada perubahan dalam cara sebagian atau seluruh energi disimpan.

Berikut ini adalah empat cara di mana energi dapat ditransfer:

  • Secara mekanis – Dengan aksi gaya
  • Elektrikal – Elektrikal
  • Dengan Radiasi – Dengan gelombang cahaya atau gelombang suara
  • Dengan Pemanasan – Dengan konduksi, konveksi, atau radiasi

Proses yang menghasilkan perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya dikenal sebagai transformasi energi. Sementara energi dapat diubah atau ditransfer, jumlah total energi tidak berubah – ini disebut konservasi energi.

2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *