Apa yang dilakukan Perancang Set?

Perancang set sering mempelajari keahlian mereka dengan memulai di departemen pemandangan yang mengerjakan pekerjaan pertukangan.

Seorang desainer set adalah profesional hiburan yang mendesain pemandangan. Desainer ini bekerja di film, televisi, teater, tari, konser, dan produksi kontes, serta di bidang lain. Setiap peristiwa yang mensyaratkan penyajian orang di atas panggung akan melibatkan desainer set, apakah itu pidato dari kepala negara atau siang hari sabun opera .

Secara historis, banyak desainer set mempelajari keahlian mereka dengan bekerja dari bawah ke atas. Mereka akan mulai di departemen pemandangan dengan tugas-tugas seperti melukis dan pertukangan, dan secara bertahap mengembangkan keterampilan dan estetika yang lebih maju sampai mereka dapat bekerja merancang set. Kebanyakan desainer saat ini adalah seniman terlatih, dengan banyak memiliki gelar MFA dalam seni, produksi teater, atau desain set khusus. Selama pelatihan mereka di sekolah seni, universitas, atau perguruan tinggi, desainer masa depan memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai magang di produksi teater dan produksi di lembaga pendidikan mereka sendiri.

Beberapa pertunjukan musik besar mempekerjakan seorang desainer set.

Pekerjaan perancang set melibatkan banyak kerja sama. Perancang sering bertemu terlebih dahulu dengan sutradara dan anggota staf artistik lainnya seperti desainer pencahayaan dan desainer kostum untuk membahas visi estetika dan citra produksi. Seseorang yang melakukan pasca-apokaliptik Hamlet , misalnya, mungkin akan memiliki ide yang sangat spesifik tentang tampilan dan nuansa pertunjukan yang akan dibawa keluar dalam desain seni. Staf artistik membuat sketsa dan bertemu dalam beberapa kesempatan untuk mengembangkan tampilan dan nuansa terpadu dengan unsur yang akan saling melengkapi.

Desain set sangat dipengaruhi oleh kostum dan pencahayaan, dan ketika desainer seni bekerja sama, hasilnya bisa menakjubkan. Sambil mengoordinasikan upaya, perancang set juga mulai mengerjakan pemandangan bangunan, termasuk pemandangan bergerak teknik dan efek khusus dengan pemandangan. Hal ini juga umum bagi perancang set untuk bekerja dengan departemen alat peraga, mengembangkan alat peraga yang akan cocok dengan tampilan dan nuansa desain pertunjukan.

Perancang set mengawasi kru tukang listrik dan tukang kayu selama konstruksi, memberi tahu anggota tim kreatif lainnya tentang kemajuan, dan bekerja untuk membuat penyesuaian saat set, kostum, lampu, alat peraga, dan aktor semuanya mulai bersatu. Tujuannya adalah untuk memberikan set yang selesai dan berfungsi tepat waktu, dengan perancang set tetap siap siaga jika terjadi masalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *