Apa yang Dilakukan Pelana?

Pelana adalah pembuat pelana profesional.

Pekerjaan utama sadel adalah pembuatan sadel, yang dapat mencakup segala hal mulai dari penyamakan kulit hingga pemasangan khusus dan pekerjaan desain. Pelana sering juga melakukan perbaikan dan restorasi barang antik. Sebagian besar pekerjaan dilakukan secara individu, pesanan khusus dan seringkali membutuhkan banyak keterampilan dan keahlian ahli.

Seni pembuatan pelana adalah seni kuno. Meskipun teknik dan alat telah maju selama bertahun-tahun, banyak prinsip dasar kerajinan itu tetap konstan. Pelana terbaik biasanya dibuat untuk hewan tertentu, biasanya kuda tetapi terkadang juga bagal, keledai, atau unta. Pelana juga biasanya akan berhati-hati agar pelana cocok dengan pengendara tertentu.

Pelana unta dapat disesuaikan agar sesuai dengan punuk hewan saat ukurannya berubah.

Ada beberapa pekerjaan yang dapat dilakukan oleh pembuat sadel secara lebih umum, tetapi sebagian besar pekerjaan sadel bergantung setidaknya sebagian pada pelanggan. Pelana mengukur hewan dan pengendara, dan mencatat preferensi pengendara. Warna kulit, kelembutan, dan desain keseluruhan hampir selalu dapat disesuaikan. Panjang dan gaya behel juga bisa ditempa.

Keledai boleh memakai pelana saat membawa barang.

Pelana paling tradisional akan mencokelatkan kulit untuk kursi pelana itu sendiri, meskipun banyak pengrajin cararn membeli lembaran kulit yang sudah diolah dan siap pakai. Namun, kulit harus dipotong dan dipasang di atas dasar pelana, yang dikenal sebagai “pohon”. Pelana dapat membuat pohon sendiri atau membelinya secara komersial. Pohon umumnya tersedia dalam beberapa ukuran standar, yang kemudian dapat disesuaikan dan dimodifikasi untuk berbagai pengendara.

Pelana tanpa klien tetap sering membuat pelana dasar yang dapat disesuaikan untuk berbagai pengendara dan binatang buas. Ini sering dijual di toko kulit atau pusat berkuda, dan pembeli biasanya dirujuk kembali ke pelana asli untuk pemasangan dan penyesuaian yang diperlukan. Selain menjadi ahli dalam konstruksi sadel, sadel juga harus memahami penggunaan dan perawatan sadel yang tepat dan dapat memberikannya kepada pengendara.

Tugas sadel khusus biasanya agak bervariasi tergantung pada jenis sadel yang dipermasalahkan. Sebuah kursi yang dirancang untuk dasar trail riding biasanya dibuat sangat berbeda dari yang dipakai untuk joki balapan, berburu rubah, atau mengumpulkan ternak, misalnya. Pelana pertunjukan dan sadel rodeo juga harus dibuat dengan spesifikasi tertentu. Pelana biasanya fokus pada satu jenis skenario berkendara tertentu dan menyesuaikan layanan mereka hanya di sana.

Perbaikan sadel juga merupakan bagian dari deskripsi pekerjaan sadel dalam banyak kasus. Di beberapa pasar ada permintaan yang tinggi untuk perlengkapan berkuda dan peralatan berkuda. Namun, sebagian besar waktu, begitu klien membeli sesuatu seperti pelana, dia tidak akan membutuhkannya lagi selama bertahun-tahun. Dia akan membutuhkan pelana itu dirawat dan diperbaiki dari waktu ke waktu, bagaimanapun, di situlah pelana masuk kembali ke tempat kejadian.

Banyak sekali pelana juga mengajarkan seni mereka kepada siswa, seringkali dalam bentuk magang. Persyaratan sadel seringkali agak kabur, dan jarang ada sekolah atau program pendidikan formal yang terorganisir yang mengajarkan kerajinan kulit semacam ini. Lebih sering, siswa belajar dengan belajar di bawah master. Menawarkan magang untuk memilih individu adalah cara yang baik bagi pelana untuk menjaga keterampilan mereka tetap tajam dan berkontribusi pada masa depan profesi sambil membawa sedikit penghasilan tambahan.

Beberapa pelana dibuat di pabrik pelana, seringkali di jalur perakitan dengan beberapa interaksi manusia, tetapi banyak juga pemrosesan mekanis. Seseorang yang bekerja dalam operasi ini biasanya tidak disebut sebagai pelana. Istilah ini biasanya diperuntukkan bagi pengrajin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *