Apa yang dilakukan Pakar Komunikasi?

Spesialis komunikasi sering bertugas menulis pidato untuk konferensi pers.

Seorang spesialis komunikasi berada di pusat komunikasi internal dan eksternal perusahaan. Dipekerjakan oleh bisnis dari semua ukuran, orang ini biasanya adalah jack of all trades yang sangat pandai berkomunikasi dalam bentuk tertulis. Beberapa dari banyak tugasnya mungkin termasuk menulis siaran pers dan memorandum, serta berkolaborasi dengan tim periklanan atau hubungan masyarakat . Spesialis ini sering kali berada di level awal dan menjawab manajemen tingkat atas, meskipun spesialis ini mungkin juga berada di tingkat pekerjaan yang lebih tinggi.

Spesialis komunikasi dapat melakukan wawancara melalui telepon.

Seorang spesialis komunikasi umumnya memiliki gelar sarjana empat tahun, seringkali dengan jurusan yang ditemukan dalam payung komunikasi. Gelar jurnalistik, penulisan, dan pemasaran berpotensi bermanfaat bagi orang-orang yang ingin terjun ke bidang ini. Jenis karir ini sering dimulai dengan magang di bidang bisnis seperti media atau penerbitan, meskipun hampir semua jenis perusahaan dapat mempekerjakan spesialis komunikasi. Selain itu, spesialis dapat dikontrak secara paruh waktu atau penuh waktu serta dipekerjakan untuk bekerja dari rumah atau di kantor.

Karier ini biasanya membayar antara $50.000 Dolar AS (USD) dan $60.000 (USD) setiap tahun, meskipun gaji mungkin berbeda secara drastis. Spesialis harus mampu berhubungan dengan kelompok kepentingan publik, investor, pejabat pemerintah dan karyawan. Dia dapat mengatasi konflik dan resolusi, serta menjaga hubungan dengan mitra dan pesaing.

Jika sesuai, seorang ahli komunikasi yang sukses mampu berjalan di garis tipis antara profesionalisme dan kegelisahan. Dalam kasus perusahaan yang berharap untuk menarik audiens muda, spesialis harus tetap mengikuti tren yang sedang berlangsung sambil mempertahankan sikap yang bermartabat.

Dengan munculnya dan meroketnya popularitas jejaring sosial online di abad ke-21, banyak spesialis komunikasi yang bertanggung jawab untuk memelihara halaman Facebook ®, Twitter® dan LinkedIn® perusahaan. Di halaman ini, perusahaan dapat beriklan secara gratis hanya dengan memberi tahu pengikut mereka apa yang mereka lakukan. Dengan melakukan ini, spesialis juga dapat meminta umpan balik. Spesialis komunikasi sering melakukan tugas-tugas ini, sering memperbarui dan menyegarkan halaman jejaring sosial perusahaan dengan data baru. Dengan cara ini, banyak karir spesialis komunikasi bukanlah pekerjaan “sembilan sampai lima” yang khas; sebaliknya, mereka secara konsisten di mana saja.

Selain menulis salinan untuk perusahaan kepada karyawan dan publik, spesialis komunikasi juga sering mengoordinasikan acara yang digerakkan oleh media. Dengan atau tanpa bantuan seorang ahli hubungan masyarakat, guru komunikasi mungkin bertanggung jawab untuk menulis pidato untuk konferensi pers, serta kadang-kadang memberikan pidato semacam itu. Bagian dari deskripsi pekerjaan spesialis semacam itu sering kali mencakup menghubungi outlet media lokal seperti surat kabar dan majalah untuk memberi tahu mereka tentang acara mendatang yang mungkin ingin mereka liput.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *