Apa yang Dilakukan Koordinator Perencanaan?

Koordinator perencanaan mungkin berspesialisasi dalam pernikahan.

Koordinator perencanaan pada dasarnya mengelola acara atau pertemuan untuk individu atau bisnis, terkadang dalam skala besar. Posisi koordinator umum termasuk jenis pernikahan, bisnis, konvensi, dan pertemuan, di antara koordinator lain yang mungkin ada di berbagai industri. Orang-orang ini melihat suatu peristiwa dari awal sampai akhir, hanya melibatkan klien ketika keputusan besar atau perubahan rencana diperlukan. Beberapa tugas umum dari koordinator perencanaan termasuk pemilihan tempat pertemuan, garis besar kebutuhan dan lingkungan klien, dan perolehan makanan dan minuman di samping koordinasi semua kegiatan di antara pemasok dan penutupan acara untuk klien. Tidak semua acara sama, menjadikan karir ini bermanfaat bagi mereka yang menyukai variasi dalam pekerjaan.

Koordinator perencanaan mengelola rapat staf.

Pendidikan formal tidak selalu diperlukan untuk koordinator perencanaan, meskipun ini tidak berarti karir ini tidak memiliki keterampilan. Sementara organisasi besar yang mempekerjakan koordinator untuk klien mungkin memerlukan gelar sarjana, banyak individu bekerja sebagai kontraktor dengan sedikit pendidikan formal. Gelar umum yang berlaku untuk jalur karir ini termasuk hubungan masyarakat , manajemen hotel dan perhotelan, komunikasi, atau pemasaran. Dalam beberapa kasus, seorang individu yang memilih untuk bekerja dengan klien bisnis mungkin menemukan gelar sarjana membantu dalam menempatkan keahliannya di atas koordinator perencanaan lainnya. Pelatihan mungkin juga diperlukan setelah seseorang mendapatkan pekerjaan di organisasi yang mempekerjakan beberapa jenis koordinator.

Koordinator perencanaan mungkin bertanggung jawab untuk mengamankan parkir untuk acara tertentu.

Ketika seorang koordinator perencanaan pertama kali terlibat dengan klien, dia mencoba untuk mengetahui jenis acara dan apa yang diinginkan klien. Koordinator berpengalaman paling sering memiliki portofolio pertemuan atau acara sebelumnya yang dapat mereka gunakan sebagai contoh untuk klien baru. Keputusan umum untuk acara termasuk lokasi, tingkat formalitas, jenis makanan, lama kegiatan tertentu, dan berbagai lainnya. Sebagian besar rapat dan acara dapat memakan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk direncanakan, tergantung pada ukuran dan cakupannya. Misalnya, koordinator pernikahan dapat menghabiskan waktu hampir satu tahun untuk merencanakan acara berdasarkan kebutuhan dan keinginan klien.

Koordinator perencanaan untuk acara perusahaan perlu mengatur layanan katering.

Sebagian besar acara yang dikerjakan oleh koordinator perencanaan membutuhkan keterampilan manajemen waktu dan organisasi yang sangat baik. Koordinator yang sangat sukses sering kali menemukan bakat mereka ditarik ke berbagai arah dengan banyak klien dan acara yang berlangsung pada satu waktu. Sementara beberapa koordinator dapat menemukan ini menguras fisik dan emosional, yang lain mungkin merasa bersemangat untuk melihat acara besar membuahkan hasil. Banyak koordinator perencanaan juga dapat menghadiri acara dan mengawasi berbagai kegiatan, memungkinkan mereka untuk bekerja secara langsung dengan mereka yang hadir. Hal ini juga dapat bermanfaat untuk melihat produksi skala besar pada puncak kelengkapannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *