Apa itu Terapis Bicara?

Ahli patologi wicara berspesialisasi dalam membantu orang berbicara dengan benar.

Terapis wicara atau ahli patologi wicara-bahasa adalah seseorang yang bekerja dengan orang-orang yang mengalami kesulitan berbicara atau menelan. Profesional perawatan kesehatan ini menangani berbagai macam cacat dan gangguan bicara, mulai dari mengajar seseorang dengan celah langit-langit untuk berbicara setelah operasi korektif hingga membantu orang yang menderita gangguan gagap. Beberapa bekerja sebagai konsultan swasta, sementara yang lain berhubungan dengan rumah sakit atau kelompok perawatan kesehatan. Secara umum, prospek pekerjaan di bidang ini cukup baik, dan dimungkinkan untuk menemukan posisi dengan gaji yang cukup baik sebagai terapis wicara di banyak wilayah di dunia.

Terapis wicara dapat bekerja dengan orang-orang yang kehilangan kemampuan untuk berbicara karena trauma.

Persyaratan lisensi untuk terapis wicara bervariasi, tergantung pada undang-undang regional. Biasanya, ia harus menerima gelar sarjana di bidangnya, bersama dengan pelatihan khusus dalam bekerja dengan pasien. Dia mungkin juga diminta untuk lulus ujian yang menguji pengetahuan tentang patologi wicara . Karena persyaratan regional sangat bervariasi, jika Anda tertarik untuk mengejar karir dalam terapi wicara , Anda mungkin ingin berbicara dengan profesional lokal tentang persyaratan di wilayah Anda di dunia.

Terapis wicara dapat membantu seseorang merasa lebih nyaman memberikan presentasi.

Pasien mungkin mencari terapis wicara untuk mengobati kondisi seperti gagap atau lisping. Klien juga dapat dirujuk oleh dokter, terutama jika kondisi medis yang mendasari telah menyebabkan gangguan bicara. Misalnya, seorang dokter mungkin merujuk pasien ke terapis dalam proses pengobatan untuk masalah neurologis seperti stroke yang menyebabkan bicara tidak jelas.

Seorang terapis wicara dapat bekerja dengan orang-orang yang mengalami kesulitan menelan.

Ketika terapis wicara pertama kali bertemu dengan pasien, dia biasanya sampai ke penyebab yang mendasari masalahnya terlebih dahulu. Ketika seorang pasien telah dirujuk, terapis dapat berkonsultasi dengan dokter perawatan primer pasien, tetapi ketika seorang pasien datang tanpa rujukan, mengidentifikasi penyebabnya sangat penting dan terkadang menantang. Dalam beberapa kasus, pasien mungkin mencari terapis dan terapis dapat mengidentifikasi masalah mendasar yang memerlukan perawatan medis. Setelah penyebab masalah telah diidentifikasi, ia dapat mengembangkan program yang disesuaikan dengan pasien individu.

Terapis wicara harus sabar dan penuh perhatian.

Biasanya, pasien harus melakukan berbagai macam latihan yang dirancang untuk mematahkan pola bicara sebelumnya dan membangun yang baru. Banyak terapis wicara juga menggunakan alat audiovisual untuk membantu pasien mereka, dan pasien sering diberi pekerjaan rumah. Dalam beberapa kasus, perangkat korektif dapat digunakan untuk membantu pasien berbicara dengan benar; dalam kasus lain, terapis wicara dapat bekerja dengan psikolog, ahli saraf , atau profesional lain untuk mengobati penyebab masalah sambil memberikan terapi wicara kepada pasien.

Dokter dapat merujuk pasien ke terapis wicara.

Pasien dapat mengalami masalah dengan artikulasi, ritme bicara, nada, dan nada karena berbagai alasan. Bekerja dengan terapis wicara dapat membantu pasien berbicara lebih jelas, bahkan jika pidato yang sempurna tidak memungkinkan, dan juga dapat meratakan suara seseorang untuk membuatnya lebih mudah untuk didengarkan dan dipahami. Pergi ke terapi wicara dapat membuat perubahan dramatis dalam hidup seseorang dengan membuat mereka dapat berkomunikasi dengan lancar dan kompeten. Beberapa berspesialisasi dalam perawatan untuk masalah yang sangat spesifik; misalnya, banyak waria pergi ke terapis untuk belajar berbicara seperti wanita atau pria.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *