Apa itu Surat Minat?

Surat minat umumnya disertai dengan resume saat melamar suatu posisi.

Dalam kebanyakan kasus, surat minat adalah surat yang ditulis oleh calon karyawan untuk menunjukkan minat pada pekerjaan atau posisi terbuka.Itu bisa ditulis tangan atau diketik, dikirim melalui surat pos, email, memo antar kantor, atau faks.Surat tersebut dapat dikirim sebagai tanggapan ataslowongan pekerjaan yangdiposting, atau dapat berupapertanyaantentang pekerjaan yang belum tersedia.Ini digunakan untuk memperkenalkan pengirim, menyatakan kualifikasi dan niatnya, dan biasanya menyertai resume dan contoh pekerjaan bila berlaku.Beberapa orang mungkin juga menyebutnya surat calon pelanggan, surat pertanyaan, atau surat minat.

Pencari kerja mengirim surat minat kepada calon majikan sebagai tanggapan atas bantuan yang diinginkan.

Seperti surat pos yang dikirim ke rekan bisnis, surat minat biasanya mencakup nama pengirim, alamat surat, kota, negara bagian, kode pos, nomor telepon, dan alamat email.Ini biasanya diikuti dengan tanggal, dan kemudian informasi orang yang menerima surat, termasuk nama, jabatan, perusahaan, dan alamat perusahaan.Surat itu kemudian dialamatkan sebagai surat bisnis biasa, biasanya dengan Dear Mr. atau Dear Ms.

Surat minat harus mengikuti format surat bisnis formal.

Badan surat harus mencantumkan informasi mengapa pemohon tertarik pada perusahaan tersebut.Ini juga harus menjelaskan bagaimana perusahaan dapat memperoleh manfaat dari memiliki dia sebagai karyawan, dan keterampilan dan aset apa yang dapat dia bawa ke perusahaan.Surat itu harus mencakup perincian singkat tentang pengalaman kerja yang relevan dan komentar tentang bagaimana pengalaman itu berhubungan dengan posisi yang dicari.

Surat minat dapat ditulis tangan.

Berbagai format dan karakter dapat digunakan dalam surat itu.Itu bisa longgar, santai, dan penuh dengan kepercayaan diri, termasuk humor dan kepribadian, dan memberi majikan pandangan tentang orang seperti apa yang sedang menulis.Surat-surat ini mungkin cocok untuk beberapa pekerjaan dan beberapa majikan, tetapi yang lain mungkin menganggapnya tidak profesional.

Di sisi lain, banyak surat minat ditulis sebagai surat bisnis yang ketat: tidak ada omong kosong dan langsung ke intinya.Jenis surat ini sering menyampaikan poin-poin penting yang terbaik.Namun, mungkin tidak menonjol dengan majikan yang mencari karyawan potensial dengan sesuatu untuk membedakannya dari lapangan.

Dalam banyak kasus, surat minat diakhiri dengan frasa yang mirip dengan berikut: “Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Anda. Saya menantikan kabar dari Anda.”Kalimat terakhir ini digunakan untuk berterima kasih kepada majikan karena mempertimbangkan minat penulis, dan untuk memberi tahu dia bahwa pelamar mengharapkan dan sangat ingin mendengar dari perusahaan tentang wawancara atau jenis tindak lanjut lainnya.Ini biasanya diikuti dengan tanda tangan, tanda tangan, dan nama yang diketik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *