Apa Hubungan antara Pengembangan Produk Baru dan Siklus Hidup Produk?

Posisi smartphone baru di pasar adalah contoh yang baik dari siklus hidup produk.

Pengembangan produk baru dansiklus hidup produkterkait erat, karena seringkali perusahaan dan organisasi memulai pengembangan produk baru berdasarkan penerapan prinsip-prinsip siklus hidup produk.Siklus hidup produk adalah prinsip bisnis yang menggambarkan empat tahap yang dilalui produk baru.Tahapan ini meliputi tahap awal atau fase pengenalan, diikuti oleh fase pertumbuhan dan kemudian fase kedewasaan berikutnya di pasar.Tahap terakhir penurunan adalah bagian yang memerlukan pengembangan produk baru untuk menggantikan produk yang telah usang nilai pasarnya.

Keterkaitan antara pengembangan produk baru dan siklus hidup produk dapat dilihat dari sudut kebutuhan penggantian produk yang telah mencapai akhir siklus hidup produk dengan produk baru.Proses penggantian produk lama ini mungkin hanya memerlukan penerapan produk yang sama sekali baru, atau mungkin hanya memerlukan peningkatan produk lama.Memutuskan pendekatan yang tepat tergantung pada rekomendasi darimanajerpengembangan produk barusesuai dengan manajemen perusahaan.

Contoh penerapan hubungan antara pengembangan produk baru dan siklus hidup produk dapat dilihat dalam kasus smartphone.Beberapaperusahaansmartphonebermerek terkenalmenerapkan prinsip pengembangan produk baru dan siklus hidup produk secara efektif untuk mempertahankan basis konsumen setia yang tetap setia pada produk mereka.Ketika mereka merilis smartphone baru ke pasar, mereka membiarkannya melalui siklus hidup produk alami, mulai dari euforia awal di mana produk diterima oleh konsumen dan diakhiri dengan penurunan produk yang tak terhindarkan.Penyebab penurunan termasuk persaingan ketat di lingkungan pasar smartphone dan inovasi konstan dan teknologi baru yang terus-menerus menggantikan yang lama.

Di mana telepon di pasar mulai menurun, perusahaan akan menunggu hingga mencapai titik tertentu dalam proses penurunan, sebagaimana ditentukan oleh penjualan dan penyelesaian, sebelum memperkenalkan versi yang lebih baru.Smartphone baru mungkin memiliki tambahan dalam bentuk resolusi layar yang lebih baik, lebih banyak megapiksel pada kamera, dan ukuran layar yang lebih besar.Waktu yang tepat untuk pengenalan tidak konstan, terutama karena kekuatan eksternal di pasar, di samping kekuatan internal di dalam perusahaan.Dengan demikian, smartphone baru mungkin akan diperkenalkan setelah satu tahun, sementara yang lain akan diperkenalkan setelah dua tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *