Soal pilihan ganda dan pembahasan mobilitas sosial

Pengertian Mobilitas sosial adalah suatu gerak perpindahan individu, keluarga atau kelompok dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain, di bawah ini akan disajikan soal pilihan ganda dan pembahasan mobilitas sosial. Semoga soal pilihan ganda dan pembahasan mobilitas sosial ini bermanfaat banyak.

Soal No. 1) Ahmad pada mulanya hanya pesuruh pada sebuah perusahaan, karena rajin maka dia diangkat menjadi koordinator dari pesuruh. Ahmad mengalami mobilitas sosial ….
(A) Antar-generasi
(B) lntra-generasi
(C) Vertikal naik
(D) Vertikal turun
(E) Horizontal
Jawaban: C

Pembahasan:
Mobilitas vertikal naik terjadi pada orang yang berstatus sosial rendah naik ke status sosial yang lebih tinggi. Jadi, Ahmad mengalami mobilitas sosial vertikal naik.

Soal No. 2) Seorang ayah yang bekerja sebagai petani mempunyai anak seorang dokter, contoh seperti ini merupakan mobilitas ….
(A) Vertikal naik
(B) Vertikal turun
(C) Horizontal naik
(D) Horizontal turun
(E) Vertikal
Jawaban: A

Pembahasan:
Mobilitas antargenerasi adalah perkemba­ngan atau peningkatan taraf hidup dalam satu garis keturunan atau perbedaan status yang dicapai seseorang dengan status orangtua atau generasi sebelumnya.
Jadi, contoh tersebut merupakan mobilitas vertikal naik dalam dua generasi.

Soal No. 3) Mobilitas sosial horizontal merupakan peralihan individu dari suatu kelompok sosial ke kelompok lain yang sederajat. Berikut ini adalah contoh mobilitas sosial horizontal, kecuali ….
(A) Beralih kewarganegaraan
(B) Rotasi pekerjaan
(C) Berganti keyakinan
(D) Perpindahan tempat tinggal
(E) Promosi jabatan
Jawaban: E

Pembahasan:
Lapisan sederajat merupakan sekelompok warga dalam lapisan sosial yang sama dan lapisan sosial yang ditempati tidak mengalami perubahan.
Jadi, yang bukan termasuk mobilitas sosial horizontal adalah promosi jabatan.

Soal No. 4) Seorang gadis melangsungkan pernikahan dengan pria dari keluarga yang punya kedudukan lebih tinggi sehingga menyebabkan status sosialnya naik. Dalam kasus tersebut lembaga perkawinan berfungsi sebagai ….
(A) Saluran mobilitas sosial
(B) Sebab perubahan sosial
(C) Faktor pendorong interaksi sosial
(D) Faktor penentu pelapisan sosial
(E) Pendorong interaksi sosial
Jawaban: D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *