Soal essay dan jawaban sistem gerak untuk SMP

Hai teman-teman, admin kali ini akan memberikan Soal essay dan jawaban sistem gerak untuk SMP. Mudah-mudahan saja Soal essay dan jawaban sistem gerak untuk SMP ini bermanfaat banyak.

Soal No. 1) Setelah berlari atau beraktifitas berat, nafas kita akan tersengal-sengal. Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Jawaban:
Hal tersebut terjadi karena tubuh membutuhkan asupan oksigen yang banyak untuk menghasilkan energy yang cukup. Kebutuhan energy diperoleh melalui pernapasan yang cepat.

Soal No. 2) Mengapa pada orang tua apabila mengalami patah tulang akan sembuh lebih lama daripada anak-anak yang mengalami patah tulang?

Jawaban:
Karena tulang pada orang tua kandungan zat perekatnya telah berkurang sehingga untuk proses penyembuhannya membutuhkan waktu yang lama

Soal No. 3) Sebutkan tulang-tulang penyusun gelang panggul!

Jawaban:
1. Tulang usus
2. Tulang kemaluan
3. Tulang duduk

Soal No. 4) Kelainan tulang dimana tulang belakang terlalu melengkung ke belakang sehingga badan terlihat bongkok adalah? Jelaskan penyebabnya!

Jawaban:
Kifosis, diakibatkan oleh kebiasaan posisi duduk yang terlalu membungkuk

Soal No. 5) Sebut dan jelaskan jenis-jenis rangka berdasarkan letak dan susunannya! Berikan masing-masing tiga contoh hewan!

Jawaban:
Rangka berdasarkan letak dan susunannya
a. Rangka luar merupakan system rangka yang terletak di luar tubuh. Contoh: udang, kumbang tanduk, belalang
b. Rangka dalam merupakan system rangka yang terletak di dalam tubuh. Contoh: kambing, sapi, harimau

Soal No. 6) Jika anda meraba hidung dan telinga maka anda akan merasakan permukaan yang lentur, itulah contoh tulang rawan. Apakah ujung hidung dan telinga tersusun atas jenis tulang rawan yang sama? Jelaskan!

Jawaban:
Ujung tulang hidung tersusun atas tulang rawan hialin sedangkan pada telinga tersusun atas tulang rawan elastic yang memiliki sifat lebih lentur dari tulang rawan hialin

Soal No. 7) Lakukanlah pengamatan pada tubuh anda! Jelaskanlah satu contoh otot yang berperan antagonis?

Jawaban:
Otot bisep dan trisep berperan secara antagonis, apabila bisep berkontraksi maka trisep akan berelaksasi yang menyebabkan lengan bawah terangkat ke atas.

Soal No. 8) Jelaskan perbedaan struktur antara otot lurik, otot polos dengan otot jantung!

Jawaban:
1. Otot polos memiliki bentuk gelendong dengan tiap sel memiliki inti satu.
2. Otot lurik memiliki bentuk panjang, memiliki bagian gelap dan terang, tiap sel memiliki banyak inti.
3. Otot jantung memiliki bentuk bercabang, memilki bentuk gelap dan terang, tiap sel memiliki satu inti.

Soal No. 9) Jelaskan mekanisme terjadinya kontraksi otot!

Jawaban:
Rangsangan yang datang dari luar akan ditangkap pertama kali oleh sel-sel saraf. Dari sel-sel saraf, rangsangan ini akan diteruskan ke sel-sel otot. Di dalam otot akan diteruskan pada suatu neurohormon yang sangat peka terhadap rangsang yang disebut asetilkolin, sehingga asetilkolin ini akan terangsang.

Akibat dari rangsangan ini, asetilkolin akan terurai, akibatnya akan terbentuk miogen. Selanjutnya, miogen ini akan merangsang pembentukan aktomiosin. Rangsangan miogen terhadap aktomiosin akan menyebabkan terjadinya kontraksi miofibril

Soal No. 10) Mengapa otot seorang binaragawan lebih berkembang dibandingkan dengan otot orang biasa!

Jawaban:
Karena binaragawan teratur melatih otot-otot tubuhnya dan juga teratur mengkonsumsi makanan dengan kandungan protein tinggi sebagai pembangun otot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *