Contoh soal, Jawaban dan Pembahasan Makrofag

Yang dimaksud Makrofag adalah sel berinti tunggal (mononuklear) yang berasal dari perkembangan/diferensiasi monosit, berikut ini akan disajikan Contoh soal, Jawaban dan Pembahasan Makrofag. Mudah-mudahan Contoh soal, Jawaban dan Pembahasan Makrofag ini bermanfaat banyak.

Soal No. 1) Makrofag menjalankan fungsi pertahanan tubuh dengan cara menangkap bakteri dan kemudian menghancurkannya melalui mekanisme…………
a. Melisiskan bakteri dengan lisosom
b. Melubangi membran sel bakteri
c. Menyelubungi bakteri dengan sekret
d. Memecah bakteri secara mekanis
e. Menyerap sitoplasma bakteri
Jawaban : A

Pembahasan:
Cara makrofag untuk menghancurkan (memakan) bakteri atau benda asing tersebut adalah dengan membentuk sitoplasma pada saat bakteri atau benda asing melekat pada permukaaan sel makrofag, lalu sitoplasma tersebut melekuk ke dalam membungkus bakteri atau benda asing.

Tonjolan sitoplasma yang saling bertemu akan melebur menjadi satu sehingga bakteri atau benda asing akan tertangkap di dalam vakuola. Lisosom yang memiliki kemampuan untuk memecah materi yang berasal dari dalam maupun dari luar akan menyatu dengan vakuola sehingga bakteri atau benda asing tersebut akan musnah.

Soal No. 2) Sel-sel makrofag melindungi tubuh dengan ….
a. kekebalan
b. toksin
c. antigen
d. interferon
e. antibiotik
Jawaban: D

Pembahasan:
Interferon merupakan senyawa kimia yang dihasilkan oleh makrofag sebagai respons adanya serangan virus yang masuk ke dalam tubuh. Interferon merupakan senyawa antivirus yang bekerja menghancurkan virus dengan cara menghambat perbanyakan virus dalam sel-sel tubuh. Dengan demikian, penyebaran virus yang lebih luas dapat dicegah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *