Contoh soal dan pembahasan tentang interaksi sosial

Pengertian interaksi sosial adalah sesuatu yang merujuk kepada hubungan dan pengaruh timbal balik antara individu dengan pihak lainnya, di bawah ini akan disajikan contoh soal dan pembahasan tentang interaksi sosial. Mudah-mudahan contoh soal dan pembahasan tentang interaksi sosial ini bermanfaat banyak.

Soal pilihan ganda dan jawaban tentang interaksi sosial

Soal No. 1) Petunjuk yang berasal dari akhlak atau hati nurani tentang baik buruk dalam kehidupan bermasyarakat, disebut norma ….
a. kesopanan
b. kesusilaan
c. kebiasaan
d. kelaziman
Jawaban: B

Pembahasan:
Norma kesusilaan bertujuan agar manusia me­ miliki hati nurani yang bersih. Norma tersebut tumbuh dari budi pekerti manusia itu sendiri.

Soal No. 2) Seorang penderita penyakit asma merasa sem­ buh setelah berkonsultasi dengan seorang du­kun. lnteraksi tersebut didasari oleh faktor ….
a. imitasi
b. sugesti
c. identifikasi
d. simpati
Jawaban: B

Pembahasan:
Sugesti adalah pendapat atau pandangan dan sikap yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain dan diterima oleh pihak lain.

Soal No. 3) Pernyataan berikut ini yang bukan ciri-ciri interaksi sosial adalah ….
a. kontak sosial sebagai tahapan pertama
b. hubungan timbal balik yang saling me­mengaruhi
c. tidak ada reaksi dari pihak lain
d. komunikasi sebagai pengantar interaksi
Jawaban: C

Pembahasan :
Ciri-ciri interaksi sosial:
1. adanaya kontak;
2. adanya komunikasi;
3. terjadinya hubungan timbal balik dan saling mempengaruhi;
4. berlangsung dua orang atau lebih.

Soal essay dan jawaban tentang interaksi sosial

Soal No. 4) Apa yang dimaksud dengan interaksi sosial?

Jawaban:
lnteraksi sosial merupakan hubungan sosial yang harus terdiri atas koncak sosial dan komunikasi sosial.

Soal no. 5) Sebutkan ciri-ciri interaksi sosial!

Jawaban:

  • pelakunya terdiri atas dua orang atau lebih. Sebab, namanya interaksi pasti melibatkan pengirim pesan dan penerima pesan. Tanpa adanya itu, maka interaksi sosial tidak akan tercapai.
  • adanya tujuan yang akan dicapai. Artinya, ada pesan yang hendak disampaikan dan pesan tersebut memiliki tujuan tertentu.
  • adanya dimensi waktu yang akan menentukan sikap aksi ketika komunikasi berlangsung.
  • ada pola khusus yang berarti adanya hubungan timbal balik antara pengirim pesan dengan penerimanya.

Soal No. 6) Sebutkan sumber interaksi sosial!

Jawaban:
a. penampilan fisik yang meliputi warna kulit, pakaian, postur tubuh, pakaian, dan usia.
b. pola pikir yang meliputi pokok pikiran dari pengirim dan penerima.

Soal No. 7) Sebutkan bentuk-bentuk interaksi sosial!

Jawaban:

  • Kerjasama (cooperation),  adalah suatu usaha bersama antar individu atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Akomodasi merupakan proses penyesuaian sosial dalam interaksi antar individu dan antar kelompok untuk meredakan suatu pertentangan.
  • Akomodasi (accommodation), adalah sebuah proses ke arah peleburan kebudayaan sehingga setiap pihak bisa merasakan kebudayaan tunggal sebagai kepunyaan bersama. Dan, akulturasi merupakan proses yang timbul dari suatu kebudayaan untuk menerima kebudayaan asing tanpa menghilangkan kebudayaan sendiri.
  • Asimilasi (assimilation), adalah sebuah proses ke arah peleburan kebudayaan sehingga setiap pihak bisa merasakan kebudayaan tunggal sebagai kepunyaan bersama. Dan, akulturasi merupakan proses yang timbul dari suatu kebudayaan untuk menerima kebudayaan asing tanpa menghilangkan kebudayaan sendiri.
  • Akulturasi (acculturation), adalah proses yang timbul dari suatu kebudayaan untuk menerima kebudayaan asing tanpa menghilangkan kebudayaan sendiri.
  • Disosiatif (dissociation). Interaksi sosial disosiasif terdiri dari persaingan (competition), kontraversi, dan pertentangan. Persaingan merupakan proses sosial yang melibatkan individu atau kelompok dalam hal berlomba dan berbuat sesuatu untuk mencapai kemenangan tertentu. Kontraversi merupakan suatu pertentangan atau perbedaan pendapat, sikap yang biasanya berupa perdebatan terhadap suatu masalah yang bertentangan dan mempunyai dua sisi berlainan. Dan, pertentangan merupakan suatu keadaan berupa konflik sosial.

Soal No. 8) Sebutkan Faktor Pendorong Interaksi Sosial!

Jawaban:

  • Imitasi, adalah suatu proses belajar dengan cara meniru atau mengikuti perilaku orang lain.
  • Identifikasi, adalah suatu dorongan untuk menjadi identik (sama) dengan orang lain. Proses identifikasi memerlukan suatu figur yang ideal bagi pelakunya.
  • Sugesti, adalah suatu pendapat, pandangan, dan sikap yang diberikan pada orang lain dan diterima oleh pihak lain sehingga orang tersebut mengikuti pandangan/pengaruh tersebut.
  • Simpati, adalah rasa tertarik pada orang lain yang seolah-olah berada dalam keadaan orang lain yang dapat memunculkan perasaan emosional tertentu (sedih, senang).
  • Empati, adalah kepeduliaan terhadap orang lain atau kelompok lain yang ditandai dengan tindakan nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *