Contoh soal dan pembahasan Efek Doppler

Pengertian Efek Doppler adalah sesuatu yang merujuk kepada kejadian di mana frekuensi gelombang dari suatu sumber yang diterima oleh detektor mengalami perubahan akibat perubahan posisi atau pergerakan relatif detektor terhadap sumber gelombang atau sebaliknya, berikut ini akan disajikan contoh soal dan pembahasan Efek Doppler. Semoga contoh soal dan pembahasan Efek Doppler ini bermanfaat banyak.

Soal No. 1) Sebuah mobil ambulans dan seorang anak bergerak saling menjauhi. Mobil ambulans membunyikan sirine berfrekuensi fs dan bergerak denagn kecepatan vs sedangkan anak bergerak dengan kecepatan vP. Jika cepat rambat bunyi v dan bunyi sirine didengar oleh anak dengan frekuensi fP, maka persamaan frekuensi yang didengar anak (fP) berdasarkan azas Doppler adalah ….

doppler1

doppler3

Soal No. 2) Sebuah sumber bunyi dengan frekuensi 640 Hz bergerak mendekati seorang pengamat dengan kecepatan 20 m/s. Jika cepat rambat bunyi di udara 340 m/s dan pengamat bergerak menjauh searah sumber bunyi dengan kecepatan 10 m/s, maka frekuensi bunyi yang didengar oleh pengamat adalah ….
A. 600 Hz
B. 660 Hz
C. 900 Hz
D. 980 Hz
E. 1300 Hz

doppler4

Soal No. 3) Dua buah mobil A dan B bergerak saling mendekati masing-masing berkecapatan 20 m/s dan 40 m/s. Mobil B kemudian membunyikan klakson dengan frekuensi 580 Hz, cepat rambat bunyi di udara 330 m/s, maka frekuensi yang didengar oleh supir mobil A sebelum berpapasan adalah ….
A. 670 Hz
B. 700 Hz
C. 720 Hz
D. 760 Hz
E. 800 Hz
Jawaban: B

doppler5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *