Contoh soal dan jawaban Arthropoda

Selamat berjumpa kembali teman-teman, di bawah ini akan disajikan Contoh soal dan jawaban Arthropoda. Semoga Contoh soal dan jawaban Arthropoda ini bermanfaat banyak.

Soal No. 1) Suatu hewan mempunyai ciri sebagai berikut:
– mempunyai mata faset dan mata tunggal
– bernapas dengan trakea
– tubuh terbagi atas kepala, dada, dan perut
– mempunyai tiga pasang kaki pada bagian dada

Berdasarkan ciri-ciri di atas, hewan yang dimaksud adalah …..
a. Myriapoda
b. Crustacea
c. Insecta
d. Arachnoidea
e. Chilopoda
Jawaban: C

Soal No. 2) Berikut ini adalah beberapa ciri Arthropoda
1. tubuh terlindung oleh rangka luar
2. tubuh terdiri atas kepala-dad dan perut
3. kepala dan dada menyatu (sefalothoraks)
4. abdomennya tidak bersegmen-segmen
5. pada segmen abdomennya terdapat sepasang kaki

Yang merupakan ciri hewan udang adalah …..
a. 1-2-3
b. 1-3-5
c. 2-3-4
d. 2-3-5
e. 2-4-5
Jawaban: B

Soal No. 3) Apa Pengertian Arthropoda?

Jawaban:
Arthropoda adalah hewan yang memiliki ciri kaki beruas, berbuku, atau bersegmen.Segmen tersebut juga terdapat pada tubuhnya.Tubuh Arthropoda merupakan simeri bilateral dan tergolong tripoblastik selomata.

Soal No. 4) Bagaimana Ukuran dan bentuk tubuh Arthropoda?

Jawaban:
Ukuran tubuh Arthropoda sangat beragam, beberapa diantaranya memiliki panjang lebih dari 60 cm., namun kebanyakan berukuran kecil.Begitu pula dengan bentuk Arthropoda pun beragam.

Soal No. 5) Bagaimana Struktur tubuh Arthropoda?

Jawaban:
Tubuh Arthropoda bersegmen dengan jumlah segmen yang bervariasi.Pada tiap segmen tubuh tersebut terdapat sepasang kaki yang beruas.Segmen bergabung membentuk bagian tubuh, yaitu Kaput (kepala), toraks (dada), dan abdomen (perut).

Soal No. 6) Sebutkan Ciri-Ciri Arthropoda!

Jawaban:

  • Arthropoda ini adalah hewan dengan badan beruas yang mempunyai banyak kaki.
  • Arthropoda mempunyai tubuh yang terbagi menjadi tiga segmen utama, diantaranya kepala dan dada (thoraks) sertaPerut (Abdomen).
  • Arthropoda mempunyai eksoskeleton, yakni pelindung atau juga kerangka luar tubuh keras serta kuat yang terbuat dari zat kitin.
  • Habitat arthropoda ini sangatlah luas, mereka bisa atau dapat ditemukan hampir di seluruh tempat
  • Arthropoda ini bisa atau dapat bereproduksi dengan secara seksual atau juga aseksual, sistem sarafnya ini ialah sistem saraf tangga tali, sistem peredaran darah terbuka, sistem pencernaan sempurna, organ utama dari sistem eksresinya ialah badan malphigi, serta juga sistem pernapasannya beragam (tergantung kepada spesiesnya).
  • Terdapat 4 kelas arthropoda, yakni Crustacea (udang-udangan), arachnida (Laba-laba), Myriapoda (kaki banyak), serta insecta (serangga).

Soal No. 7) Jelaskan Sistem Reproduksi Arthropoda!

Jawaban:
Reproduksi arthropoda ini bisa atau dapat berlangsung dengan secara seksual atau juga aseksual. Secara seksual itu melalui proses paedogenesis, yakni reproduksi dengan pembuahan oleh hewan jantan serta biasanya terjadi pada individu muda. Sedangkan untuk reproduksi aseksual dengan melalui proses partenogenesis yakni reproduksi itu tanpa pembuahan oleh hewan jantan.

Soal No. 8) Jelaskan Sistem Saraf Arthropoda!

Jawaban:
Sistem saraf arthropoda ini adalah suatu sistem saraf tangga tali berjumlah sepasang yang terletak pada sisi ventral tubuhnya. Arthropoda ini mempunyai alat peraba berupa antena pada tubuhnya.

Soal No. 9) Bagaimana Sistem Sirkulasi (Peredaran Darah) Arthropoda?

Jawaban:
Sistem sirkulasi pada arthropoda ini adalah sistem peredaran darah terbuka yang terdiri dari jantung dengan pembuluh darah pendek. Darahnya berwarna hijau serta disebut hemolimfa.

Soal No. 10) Jelaskan Sistem Pernapasan Arthropoda!

Jawaban:
Sistem pernapasan pada arthropoda beragam tergantung kepada jenisnya, terdapat yang bernapas itu dengan menggunakan insang, paru-paru, trakea, atau juga dengan melalui pori-pori di permukaan tubuhnya.

Soal No. 11) Bagaimana Sistem pencernaan arthropoda?

Jawaban:
Sistem Pencernaan Arthropoda ini adalah sistem pencernaan sempurna yang terdiri dari mulut, esofagus, lambung, usus serta anus. Mulutnya dilengkapi dengan berbagai alat tambahan yang bisa atau dapat mempermudah pencernaan makanan. Contohnya ialah rahang yang dimiliki belalang.

Soal No. 12) Bagaimana Sistem Eksresi Arthropoda?

Jawaban:
Organ eksresi utama pada arthropoda adalah suatu kelenjar hijau yang sering disebut dengan tubula malpighi. Kelenjar ini adalah tempat untuk dikeluarkannya sisa metabolisme tubuh.

Soal No. 13) Jelaskan Cara hidup dan habitat Arthropoda!

Jawaban:
Cara hidup untuk Arthropoda ini pun sangat beragam, terdapat yang hidup bebas, parasit, komensal, atau juga simbiotik. Dilingkungan kita sendiri, sering dijumpai kelompok hewan ini, contohnya saja seperti kupu-kupu, capung, nyamuk, lalat, semut,belalang, serta lebah. Habitat penyebaran Arthropoda ini juga sangat luas. Terdapat yang berada di gurun pasir, di laut, air tawar, serta padang rumput.

Soal No. 14) Jelaskan Peranan Arthropoda Bagi Kehidupan!

Jawaban:

  • Arthropoda termasuk sangat baik untuk dikonsusmi karena ia mamiliki kandungan protein yang tinggi. Keuntungan ini dapat anda dapat dari beberapa pilihan macam hewan arthropoda yang ada, contohnya udang windu (pemilik nama ilmiah Penaeus monodon), lobster (pemilik nama ilmiah Panulirus homarus), kepiting (pemilik nama ilmiah Scylla serrata), rajungan (pemilik nama ilmiah Portunus), laron dan gangsir.
  • arthropoda dapat menghasilkan madu yang sangat bermanfaat bagi manusia, lebah madu (Apis mellifera) adalah bentuk konkritnya.
  • Kepompong ulat sutra (Bombyx mori) adalah bagian dari arthropoda yang dapat punya kontribusi besar dalam pembuatan kain sutera.
  • Serangga-serangga yang biasa hinggap di bunga, mereka sangat membantu dalam penyerbukan tanaman.
  • Secara biologi, serangga predator sebagai pemberantas hama tanaman. Ini sangat membantu dalam dunia pertanian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *