Contoh soal essay tentang Softball, jawaban dan pembahasan

Olahraga softball adalah sangat terkenal sekali di dunia terutama di Amerika Serikat, berikut ini akan disajikan Contoh soal essay tentang Softball, jawaban dan pembahasan. Semoga saja Contoh soal essay tentang Softball, jawaban dan pembahasan ini bermanfaat banyak.

Soal No. 1) Jelaskan cara memukul bola pada permainan softball!

Jawaban:
Langkah-langkah melakukan pukulan bola pada per- mainan softball adalah sebagai berikut.
a. Posisi badan berdiri dengan posisi kaki melangkah, badan agak condong ke depan lutut, dan pinggul rileks.
b. Kayu pemukul/stik dipegang dengan kedua tangan di atas belakang bahu.
c. Pandangan ke arah pitcher/ pelambung.
d. Setelah bola dilemparkan oleh pitcher, lakukan ayunan stik ke arah datangnya bola.
e. Ayunkan kembali kedua lengan dan tangan sehingga bola dan pemukul bertubrukan.
f. Arahkan pukulan ke bawah, menyusur tanah/men- datar, atau melambung jauh ke belakang.
g. Pada akhir pukulan diikuti badan sedikit memutar sebagai gerakan lanjutan.

Soal No. 2) Jelaskan aturan dalam permainan softball!

Jawaban:
a. Jumlah pemain dalam satu regu terdiri dari sembilan orang.
b. Pertandingan dipimpin oleh wasit, di setiap base ditempatkan seorang pembantu wasit (umpire) yang disebut base umpire.
c. Lamanya permainan ditentukan oleh inning, yaitu sebanyak 7 inning. Adapun yang dimaksud satu inning adalah setiap regu bermain sekali giliran memukul dan sekali giliran menjaga.
d. Untuk menentukan siapa yang menjadi regu penjaga (home team/HT) dan siapa yang menjadi regu pemukul (visiting team/VT) harus dilakukan undian/ (tos) dengan uang logam.

Soal No. 3) Sebutkan jenis pukulan dalam softball!

Jawaban:
pukulan swing (ayunan sekeras-kerasnya) dan pukulan bunt (pukulan untuk mengelabuhi lawan).

Soal No. 4) Jelaskan teknik latihan melempar dalam softball!

Jawaban:
Lemparan dalam softball dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu lemparan atas atau tinggi (overhand throw), lemparan lurus, dan lemparan bawah/rendah.

Soal No. 5) Bagaimana cara mematikan lawan pada permainan softball?

Jawaban:
a. Membakar base yaitu sebelum pelari mencapai ke base, regu penjaga base menangkap bola dan me- nginjak base yang akan ditempuh oleh pelari.
b. Mengetik pelari yang sedang berlari.
c. Catcher dapat menangkap bola secara langsung pada pukulan ketiga yang tidak dapat dipukul.

Soal No. 6) Sebutkan 3 tipe permainan sofbol:

Jawaban:
a. Fast pitch softball merupakan permainan ditentukan oleh pelempar bola. Pelempar melempar bola dengan kecepatan maksimum, serupa dengan bisbol. Perbedaan terdapat pada gaya lempar pelempar bola dan cara pelepasan bola. Pelepasan bola terletak di bawah atau sama dari posisi glove.

b. Modified pitch softball atau sering dikenal dengan nama modball. Tujuan utamanya adalah untuk melunakkan aturan-aturan yang dipakai di kategori fast-pitch sehingga pemain-pemain yang belum terbiasa tidak akan terkejut dengan peraturan-peraturan yang “ketat” di sofbol seperti strike zone, jarak antara marka, lamanya permainan dan lain-lain. Kecepatan lemparan pelempar bola dalam modball berada di antara fast dan slow pitch. Kecepatan bola dibatasi dengan putaran lengan melebihi bahu.

c. Slow pitch softball memberikan kemudahan bagi pemukul untuk memukul bola. Pemukul bola diberi bola terus-menerus oleh pelempar bola sampai bisa memukul bolanya. Lemparan pelempar bola pelan melambung. Permainan ini sering dimainkan dalam komunitas sosial sebagaimana sebuah kompetisi, tanpa dibatasi umur dan gender.

Soal No. 7) Jelaskan bentuk dan ukuran lapangan softball!

Jawaban:
Lapangan sofbol berbentuk bujur sangkar. Dibagi menjadi daerah fair (fair territory) dan daerah foul (foul territory). Lebih jauh dalam daerah fair terbagi menjadi dua bagian, bagian dalam (Infield), dan bagian luar (outfield).

Di dalam daerah dalam terdapat 4 marka (base). Setiap marka diberi nomor berlawanan dengan arah jarum jam, dimulai dari marka awal yang disebut home plate, diteruskan dengan marka pertama, marka kedua dan marka ketiga. Marka berbentuk bujur sangkar dengan sisi 38 cm (15 inci) yang dibuat sedikit lebih tinggi dari permukaan tanah. Sudut dari keempat marka membentuk bentuk empat persegi yang disebut berlian (diamond).

Di belakang home plate terdapat batasan yang disebut backstop sejauh 7,62 dan 9,14 meter di belakang home plate.

Soal No. 8) Apa saja peralatan dalam olahraga softball?

Jawaban:
Minimal peralatan yang dibutuhkan dalam sebuah pertandingan sofbol termasuk sebuah bola. Sofbol menggunakan bola berwarna kuning dengan benang grip berwarna merah, yang sebelumnya berwarna putih dengan grip putih. Sarung tangan (glove) dikenakan oleh seluruh pemain bertahan untuk menangkap bola, sementara first baseman dan penangkap bola mengenakan mitt (glove mempunyai jari, sedangkan mitt tidak).

Tongkat pemukul (bat) yang digunakan dalam pertandingan resmi adalah bat khusus yang diperuntukkan untuk sofbol. Ketentuan pemakaian dan kharakteristik bat yang boleh digunakan tertuang dalam peraturan Federasi Sofbol Internasional. Helm pemukul bola dipakai untuk melindungi kepala seorang pemukul bola dari terjangan bola dan cedera, sementara pakaian pelindung (protective gear) untuk seorang penangkap bola, dan sepatu pool (cleats).

Yang terakhir adalah uniform atau seragam. Tiap pemain menggunakan baju, celana, dan topi yang seragam atau berwarna dasar sama. Semakin tinggi tingkat pertandingannya, semakin ketat dalam peraturan seragamnya. Semua peralatan dan perlengkapan itu adalah wajib bagi setiap tim dalam melaksanakan pertandingan resmi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *