Contoh soal dan pembahasan pengantar ilmu sosiologi

Secara harfiah, istilah sosiologi berasal dari bahasa latin, yaitu socius yang berarti teman, kawan, atau masyarakat, dan logos yang berarti ilmu, di bawah ini akan disajikan Contoh soal dan pembahasan pengantar ilmu sosiologi. Mudah-mudahan saja Contoh soal dan pembahasan pengantar ilmu sosiologi ini memberikan manfaat yang banyak.

Soal No. 1) Bagian pokok (isi) dari laporan penelitian adalah ….
(A) Pendahuluan, kesimpulan. kata pengantar, dan
(B) Pendahuluan, latar belakang, dan kesimpulan
(C) Kata pengantar, pendahuluan, landasan teori, kesimpulan, dan saran.
(D) Pendahuluan, landasan teori, hasil penelitian, kesimpulan, dan saran.
(E) Kata pengantar, pendahuluan, landasan teori, dan hasil penelitian.
Jawaban: D

Pembahasan:
Laporan penelitian merupakan uraiantentang hal-hal yang berkaitan dengan proses kegiatan penelitian yang berpedoman pada aturan penulisan laporan. Bagian pokok dari laporan penelitian, yaitu pendahuluan, landasan teori, hasil penelitian, kesimpulan, dan saran.

Soal No. 3) Seorang peneliti meneliti upacara adat Minangkabau, ia berada dan ikut dalam prosesi acara tersebut sehingga data yang diperoleh lebih akurat, hal itu menunjukkan contoh pengumpulan data dengan cara ….
(A) Studi kepustakaan
(B) Angket/kues ioner
(C) Observasi partisipasi
(D) Wawancara
(E) Dokumentasi
Jawaban: C

Pembahasan:
Teknik observasi merupakan metode mengumpulkan data dengan mengamati langsung di lapangan. Proses ini berlangsung dengan pengamatan yang meliputi melihat, merekam, menghitung, mengukur, dan mencatat kejadian.
Jadi, contoh pengumpulan data. tersebut dengan cara observasi.

Soal No. 3) Setelah penulisan laporan penelitian selesai, laporan tersebut dapat didiskusikan di dalam kelas. Di bawah ini adalah beberapa manfaat diskusi hasil penelitian, kecuali ….
(A) Siswa berani untuk mengeluarkan pendapat
(B) Siswa mampu berpikir secara kreatif dan inovatif
(B) Tidak meramalkan kejadian-kejadian sosial yang terjadi pada masa depan.
(C) Tidak memberikan ukuran yang jelas terhadap perilaku masyarakat.
(D) Tidak melihat objek masyarakat sebagai sesuatu yang nyata dan apa adanya.
(E) Tidak menilai apakah suatu fenomena sosial baik atau buruk
Jawaban: E

Pembahasan:
Sosiologi bersifat non-etis, artinya sosiologi tidak mencari baik atau buruk suatu fakta , tetapi menjelaskan fakta-fakta tersebut secara analisis sehingga sosiologi tidak mempergunjingkan baik buruknya tingkah laku sosial masyarakat.

Soal No. 4) Sosiologi mempunyai empat ciri ilmu, salah satunya adalah ilmu sosiologi selalu berusaha menyusun abstraksi dari hasil observasi yang konkret di lapangan. Ciri sosiologi tersebut dikenal dengan istilah ….
A. teoritis
B. empiris
C. kumulatif
D. non etis
E. khayalan
Jawaban: A

Pembahasan:
Sosiologi mempunyai empat ciri ilmu, antara lain:
– Empiris, yaitu didasarkan pada observasi (pengamatan) yang hasilnya tidak bersifat spekulasi (menduga-duga).
– Teoritis, yaitu selalu berusaha menyusun abstraksi dari hasil observasi yang konkret di lapangan, dan abstraksi tersebut merupakan kerangka dari unsur-unsur yang tersusun secara logis dan bertujuan menjalankan hubungan sebab akibat sehingga menjadi teori.
– Kumulatif, yaitu disusun atas dasar teori-teori yang sudah ada, kemudian diperbaiki, diperluas sehingga memperkuat teori-teori yang lama.
– Non etis, yaitu pembahasan suatu masalah tidak mempersoalkan baik atau buruk masalah tersebut, tetapi lebih bertujuan untuk menjelaskan masalah tersebut secara mendalam.

Soal No. 5) Objek sosiologi yang menjelaskan tentang gejala-gejala kehidupan sosial dan proses hubungan antar manusia yang mempengaruhi kesatuan hidup manusia itu sendiri merupakan objek sosiologi ….
A. material
B. formal
C. primer
D. sekunder
E. campuran
Jawaban: A

Pembahasan :
Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan mempunyai beberapa objek:

a. Objek Material:
ialah objek yang menjelaskan tentang segala yang dapat mempengaruhi kesatuan hidup manusia. Objek ini bersifat nyata dan dapat digambarkan secara detail di dalam fenomena sosial.

b. Objek Formal:
Objek formal sosiologi lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian objek formal sosiologi adalah hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

c. Objek Budaya:
Objek budaya salah satu faktor yang dapat memengaruhi hubungan satu dengan yang lain.

d. Objek Agama:
Pengaruh dari objek agama ini dapat menjadi pemicu dalam hubungan sosial, dan banyak juga hal-hal ataupun dampak yang memengaruhi hubungan manusia.

Soal No. 6) Sosiologi dapat digunakan dalam kajian yang lebih luas yaitu meliputi perencanaan suatu program pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Maka fungsi sosiologi adalah….
A. pembangunan dan analisis
B. pembangunan dan penelitian
C. penelitian dan kontrol sosial
D. penelitian dan analisis
E. pembangunan dan kontrol sosial
Jawaban: B

Pembahasan:
Sosiologi merupakan ilmu terapan yang bisa digunakan di berbagai bidang kehidupan seperti ekonomi, psikologi, budaya bahkan untuk pembangunan. Manfaat sosiologi dalam pembangunan, sosiologi berupaya memberikan data sosial yang diperlukan pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembangunan yang berasal dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Penelitian juga dilakukan untuk memberikan suatu perencanaan atau pemecahan masalah yang komprehensif sesuai dengan target yang ingin dicapai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *