10 Soal Essay dan Jawaban Virus

Virus adalah sesuatu yang bisa menyebabkan penyakit, berikut ini adalah 10 Soal Essay dan Jawaban Virus. Mudah-mudahan saja 10 Soal Essay dan Jawaban Virus ini memberikan manfaat yang banyak.

Soal No. 1) Jelaskan yang dimaksud dengan penyakit Ebola!

Jawaban:
Ebola adalah penyakit yang disebabkan oleh sejenis virus dari genus Ebolavirus, familia Filoviridae. Awalnya Istilah penyakit tersebut sebelumnya adalah demam berdarah ebola (Ebola haemorrhagic fever), kemudian berubah menjadi penyakit virus ebola (Ebola Virus Disease/EVD), sesuai dengan ICD-10.
Penyakit Ebola merupakan penyakit yang paling mematikan diseluruh dunia.

Soal No. 2) Bagaimana manfaat Virus sebagai alat diagnosis?

Jawaban:
Fage-fage yang virulen dapat digunakan untuk mengenali dan mengidentifikasi bakteri-bakteri patogen sehingga dapat berfungsi sebagai alat diagnosis medis dan untuk mengetahui penyebaran suatu penyakit dalam masyarakat.

Soal No. 3). Mengapa virus bersifat parasit obligator?

Jawaban:
Karena virus tidak dapat hidup jika tidak berhinggap atau beradaptasi ke tubuh makhluk hidup lain untuk mendapatkan makanan dan menjaga kelangsungan hidupnya.

Soal No. 4) Terdiri dari apa sajakah tubuh virus?

Jawaban:
– Kepala dan Kapsid
– Leher
– Ekor
– Serabut Ekor
– Lempengan Dasar
– DNA/ RNA

Soal No. 5) Mengapa virus dianggap makhluk peralihan antara benda mati dan makhluk hidup?

Jawaban:
karena memiliki sifat makhluk hidup, yaitu dapat mereprodiksi atau memperbanyak diri. Namun juga memiliki sifat makhluk tak hidup, yaitu tidak memiliki susunan sel, dan hanya dapat berkembang pada organisme hidup tertentu.

Soal No. 6) Jelaskan yang dimaksud dengan sampul Virus!

Jawaban:
Sampul virus adalah membran yang menyelubungi nukleokapsid, sampul virus tersusun dari lipid & protein, berfungsi membantu virus memasuki
sel ex. virus influenza.

Soal No. 7) Bagaimana virus menginfeksi Secara lisogenik pada replikasi virus?

Jawaban:
Pada daur lisogenik, terjadi beberapa tahap yaitu:
Adsorbsi – Penetrasi – Penggabungan – Pembelahan – Sintesis – Perakitan – Lisis.

  • Adsorbsi (Penempelan). Pada tahap ini, serabut ekor virus akan menempel pada dinding sel bakteri.
  • Penetrasi. DNA fag ( virus ) akan masuk ke dalam dinding sel bakteri
  • Penggabungan. Asam nukleat ( DNA / RNA ) virus akan bergabung dengan asam nukleat bakteri. Penggabungan ini akan membentuk profage
  • Pembelahan. Pada tahap ini, bakteri akan membelah diri. Profage juga akan ikt membelah. Sehingga menghasilkan bakteri2 baru yang mengandung profage.
  • Sintesis. Pada tahap ini, secara alami asam nukleat virus akan memisahkan diri dari bakteri dan akan memasuki daur litik. dan juga terbentuk partikel2 virus yang baru.
  • Perakitan. Penyusunan partikel2 virus menjadi virus2 baru
  • Lisis. Dinding sel bakteri pecah dan mengeluarkan virus virus baru yang akan memasuki daur litik atau daur lisogenik kembali untuk menginfeksi bakteri kembali.

Soal no. 8) Jelaskan yang dimaksud dengan tahap replika/sintesis pada daur lirik!

Jawaban:
Adalah tahap dimana fag mengadakan pembentukan DNA (replikasi) menggunaka DNA bakteri sebagai bahan dasar pembuatannya, dan juga membentuk selubung protein.

Soal No. 9) Jelaskan yang dimaksud dengan virulensi virus!

Jawaban:
Virulensi virus adalah kemampuan virus untuk menyebabkan penyakit. Kemampuan patogenitas dari virus ini dapat berakibat fatal dan dapat menginvasi sel secara keseluruhan.

Soal No. 10) Jelaskan yang dimaksud dengan penyakit morbili!

Jawaban:
Morbili adalah Penyakit infeksi virus akut ,menular yang ditandai dengan stadium yaitu : stadium kataral, stadium erupsi, stadium konvalesensi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *