Soal Essay dan Jawaban Strategi Dakwah Serta Perkembangan Islam di Indonesia

Hai teman-teman, berikut ini admin akan menyajikan Soal Essay dan Jawaban Strategi Dakwah Serta Perkembangan Islam di Indonesia. Mudah-mudahan saja Soal Essay dan Jawaban Strategi Dakwah Serta Perkembangan Islam di Indonesia  ini memberikan manfaat yang banyak.

Soal No. 1). Jelaskan perbedaan antara sikap masyarakat pesisir dan pedalaman dalam hal penerimaan agama Islam!

Jawaban:
Perbedaannya masyrakat pesisir cenderung bersifat terbuka pada pendatang baru yang bertujuan baik untuk berdagang dan menjalin hubungan kerjasama berbeda dengan masyrakat pedalaman yang bersifat tertutup dengan masyarakat luar sehingga komunikasi mereka hanya terjadi pada wilayah asalnya saja, tidak mengalami perkembangan.

inilah yang menyebabkan masyrakat pedalaman sulit menerima budaya baru dari luar wilayahnya seperti islam. di sisi lain masyarakat pesisir bertempat tinggal dekat dengan pelabuhan yang merupakan awal mula pendaratan kapal-kapal islam untuk berdagang dengan masrakat di wilayah tersebut.

Soal No. 2). Bagaimana sikap anda Mencermati perkembangan Islam di tanah air?

Jawaban:
Menurut saya sikap kita adalah mencermati dan mengawasi perkembangannya agar tidak keluar jalur dari islam, serta memberikan tasamuh sebagian kepada tradisi yg tidak mengganggu atau menyimpang dari islam.

Soal No. 3). Sebutkan contoh Organisasi-organisasi yang berkembang di tanah air!

Jawaban:
– Nahdatul Ulama
– Persis
– Muhammadiyah

Soal No. 4). Siapa wali tertua di antara Wali Sanga yang mensyiarkan Agama Islam di Jawa timur?

Jawaban:
Maulana Malik Ibrahim ( Sunan Gresik)

Soal No. 5). Sebutkan Raja-raja di Maluku yang masuk Islam!

Jawaban:
a. Raja Ternate yang bergelar
b. Raja Tidore (Sultan Jamaluddin)
c. Raja Jailolo (Sultan Hasanuddin)
d. Raja Bacan (Zaenal Abidin)

Soal No. 6). Sebutkan perubahan-perubahan dengan dianutnya agama Islam oleh mayoritas masyarakat Indonesia!

Jawaban:
a. Bidang politik
sebelum islam masuk Indonesia, sudah berkembang pemerintahan yang bercorak Hindu-Budha mengalami keruntuhan dan digantikan peranannya oleh kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam, seperti Samudra Pasai,Demak,Malaka,dan lainnya. Sistem pemerintahan yang bercorak Islam, rajanya bergelar sultan atau sunan seperti halnya para wali. jika rajanya meninggal, tidak dimakamkan di candi tetapi dimakamkan secara islam.

b. Bidang pendidikan
Pendidikan Islam berkembang di pesantren-pesantren Islam. Sebenarnya, pesantren telang berkembang sebelum Islam masuk ke Indonesia. Pesantren saat itu menjadi tempat pendidikan dan pengajaran agama Hindu. setelah islam masuk, mata pelajaran dan proses pendidikan pesantern berubah menjadi pendidikan islam. pesantren adalah sebuah asrama tradisional pendidikan islam. Siswa tinggal bersama untuk belajar ilmu keagamaan di bawah bimbingan guru yang disebut Kiai. Asrama siswa berada di dalam kompleks pesantren, Kiai juga tinggal di kompleks pesantren.

Soal No. 7). Islam masuk ke Indonesia melalui dua Jalur, Sebutkan!

Jawaban:
A. Jalur utara dengan rute
– arak (makkab dan madinah )
– damaskus
– baghdad
– gujarat
– srilanka
– indonesia

B. jalur selatan dengan rute
– arab (makkah dan madinah )
– yaman
– srilanka
– indonesia
– gujarat (pantai barat india)

Soal No. 8). Sebutkan Organisasi-organisasi Islam pada masa perang kemerdekaan!

Jawaban:
a. Sarekat Dagang Islam/Sarekat Islam
b. Muhammadiyah
c. Nahdatul Ulama (NU)
d. Pondok pesantren

Soal No. 9). Bagaimanakah proses kedatangan Islam dan Penyebarannya di tanah air?

Jawaban:
Islam masuk ke indonesia dimulai ketika banyak pedagang yang berasal dari arab mengambil bahan dagangannya ke indonesia sehingga menyebabkan penyebaran agama islam di tanah air.

Soal No. 10). Kemukakan beberapa keteladanan perkembangan Islam di Indonesia!

Jawaban:
Perkembangan Islam di Indonesia tidak lepas dari jasa tokoh-tokoh yang menyebarkannya hingga agama Islam dapat diterima hampir di seluruh wilayah Indonesia. Pada awalnya, tokoh-tokoh yang menyebarkan agama Islam di Indonesia adalah para pedagang yang berasal dari jazirah Arab. Dalam perkembangan selanjutnya, penyebaran Islam di Indonesia dilakukan oleh tokoh-tokoh dari negeri sendiri.

Penyebar agama Islam di Indonesia itu pada umumnya datang dari golongan bangsawan. Dari proses panjang penyebaran Islam di Indonesia oleh para tokoh-tokoh tersebut ada beberapa hal yang bisa kita teladani dari sikap dan perilaku tokoh-tokoh tersebut :
a. Kemauan untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya
b. Kemauan untuk menyebarkan Islam
c. Semangat tidak pantang menyerah
d. Semangat rela berkorban untuk kemaslahatan orang banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *