Contoh Soal Essay dan Jawaban Hak Dan Kewajiban Warga Negara

Hallo kawan-kawan, berikut ini akan disajikan contoh soal essay beserta jawaban tentang hak dan dan kewajiban warga negara. Semoga contoh soal essay beserta jawaban tentang hak dan dan kewajiban warga negara ini memberikan manfaat yang banyak.

Soal No. 1). Terangkan menurut pemahaman anda bahwa membela negara merupakan hak dan sekaligus kewajiban warga negara!

Jawaban:
Hak dan kewajiban warga negara dalam upaya membela negara,secara hukum telah dimuat dalam UUD 1945 dan peraturan perundang undangan. contohnya UUD 1945 pasal 27 ayat 3 yang berbunyi ” setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam membela negara”.

Sedangkan bela negara adalh kesadaran,sikap,dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya terhadap negara indonesia berdasarkan pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Soal No. 2). Berikan Contoh perwujudan hak berserikat dan mengeluarkan pendapat di sekolah!

Jawaban:
Perwujudannya bisa saja memberi saran yang bersifat membangun kepada sekolah, misalnya mengenai sampah, ruang kelas, atau cara mengajar guru dikelas yang kurang disukai murid, tindakan berani yang dimunculkan adalah bentuk musyawarah dengan teman kelas ataupun organisasi yang bersangkutan.

Soal No. 3). Bagaimana mana pemahaman Anda mengenai hak warga negara dan hak asasi manusia?

Jawaban:
Pemenuhan hak adalah pemenuhan terhadap suatu hal berupa keistimewaan, kekuasaan, dan kesempatannya sebagai manusia oleh manusia lain, hukum, undang undang, dan negara tanpa merugikan hak manusia lain dan melanggar peraturan yang ada.

Contoh, sebagai warga negara Indonesia ia berhak memperoleh pemenuhan hak seperti waga negara Indonesia lainnya, dilindungi dibawah hukum, memperoleh pendidikan, memperoleh pelayanan kesehatan, dll.

Pemenuhan kewajiban adalah pemenuhan suatu hal oleh suatu manusia yang menjadi mutlak harus dipenuhi oleh manusia tersebut karena status yang disandang manusia tersebut. Contoh, sebagai warga negara Indonesia ia berkewajiban untuk memenuhi kewajiban seperti warga negara Indonesia lainya, membayar pajak, menaati UU, tidak mengedarkan narkoba, dll.

Soal No. 4). Berikan contoh cara menjunjung hukum!

Jawaban:

  • Menaati aturan hukum.
  • Melaksanakan hukum sesuai dengan UUD 1945.
  • Berusaha sebisa mungkin tidak melakukan pelanggaran hukum.
  • Bersedia menerima konsekuensi jika melakukan pelanggaran hukum.

Soal No. 5). Terangkan pengertian hak asasi manusia menurut pemahaman Anda!

Jawaban:
Pengertian HAM atau Hak Asasi Manusia adalah hak kodrati yang melekat secara alamiah pada manusia dan bersumber langsung dari pencipta dengan demikian sifatnya tak bisa dikurangi atau dihilangkan.

Hak Asasi manusia ini merupakan anugerah Tuhan sehingga penghormatan atasnya adalah sebuah kewajiban.

Soal No. 6). Berikan pemahaman Anda tentang pengingkaran warga negara untuk menjunjung hukum!

Jawaban:
Menurut pamahaman saya pengingkaran warga negara untuk menjungjung hukum ini di faktori oleh beberapa faktor serperti kemalasan untuk menjunjung hukum, ketidakmauannya dan juga mungkin warga tak suka dengan hukum yang telah ditetapkan tersebut. Dan masih banyak pengingkaran warga negara untuk menjunjung hukum di Indonesia. oleh karena itu diharapkan pemerintah turut aktif dalam mengaturnya.

Soal No. 7). Berikan contoh upaya untuk mengurangi pengingkaran Kewajiban!

Jawaban:

  • Meningkatkan profesionalisme lembaga keamanan dan pertahanan negara.
  • Menegakkan secara adil dan tidak diskriminatif.
  • Meningkatkan kerja sama secara harmonis.
  • Memperkuat rasa persatuan.
  • Meningkatkan rasa cinta tanah air
  • Sadar diri akan pentingnya hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Soal No. 8). Bagaimana Opini Anda tentang sikap warga negara yang tidak melakukan pembelaan negara?

Jawaban:
Warga negara tersebut tidak memiliki rasa patriotisme dan nasionalisme dalam memperjuangkan negara Indonesia. Dan jika seorang warga negara tidak melakukan pembelaan negara maka warga negara tersebut tidak sadar kedudukannya sebagai warga negara, selain itu mereka juga sudah melanggar ayat 3 pasal 27 UUD 1945.

Soal No. 9). Mengapa banyak terjadi pengingkaran Kewajiban oleh warga negara?

Jawaban:
Karena warga negara hanya memikirkan hak nya tanpa menghiraukan kewajibannya sebagai warga negara, dan juga tidak memandang penting kewajiban itu.

Soal No. 10). Berikan contoh bentuk pengingkaran Kewajiban!

Jawaban:

  • Tidak membayar pajak.
  • Melanggar lalu lintas.
  • Tawuran
  • Merusak fasilitas umum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *