15 Soal Essay dan Jawaban Konsep Pengukuran Kebugaran Jasmani

Hai kawan-kawan, di bawah ini akan disajikan 15 Soal Essay dan Jawaban Konsep Pengukuran Kebugaran Jasmani. Semoga 15 Soal Essay dan Jawaban Konsep Pengukuran Kebugaran Jasmani ini memberikan manfaat yang banyak.

Soal No. 1). Sebutkan Manfaat kekuatan bagi tubuh!

Jawaban:
Selain itu, manfaat lain dari latihankekuatan bagi kesehatan fisik dan mental meliputi: Menjaga fleksibilitastubuh dan keseimbangan. Memperbaiki postur tubuh, mengontrol berat badan dan meningkatkan massa otot. Membantu mencegah dan mengurangi penurunan kognitif pada usia lanjut.

Soal No. 2). Apa yang dimaksud dengan latihan daya tahan tubuh?

Jawaban:
Latihan yang bertujuan untuk memberikan kekuatan dan kekebalan tubuh agar tubuh terlindung dari penyakit.

Soal No. 3). Apa yang dimaksud latihan kelenturan dinamis?

Jawaban:
Kelenturan dinamis adalah gerakan peregangan yang dilakukan dengan melibatkan otot-otot dan persendian, gerakan peregangan ini dilakukan dengan secara perlahan dan terkontrol dengan pangkal gerakannya adalah pangkal persendian.

Soal No. 4). Sebutkan bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan!

Jawaban:
a. Melakukan Latihan Lari Lurus dengan Bolak-Balik (Shutle Run)
b. Melakukan Latihan Lari Zig Zag
c. Menggunakan Latihan Menggunakan Reaksi Beban Gerak pada Suatu Balon
d. Melakukan Latihan dengan Jongkok Berdiri (Squat Thrust)
e. Melakukan Latihan dengan Lompat Tangga
f. Melakukan Latihan dengan Agility Balls

Soal No. 5). Apakah manfaat dari kebugaran jasmani!

Jawaban:
Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani bagi Fisik dan Mental. Jika dilakukan dengan benar dan teratur, manfaat latihan kebugaran jasmani dapat menjadi solusi untuk mendapatkan berat badan yang ideal Selain itu, latihan ini juga meningkatkan kondisi tubuh dan mengurangi risiko Anda mengidap berbagai gangguan kesehatan.

Soal No. 6). Bagaimana bentuk latihan untuk meningkatkan kecepatan!

Jawaban:
a. Lari cepat dengan jarak 40 dan 60 meter
b. Lari dengan mengubah-ubah kecepatan.
c. Lari naik dan turun di suatu tempat, seperti bukit dan tangga

Soal No. 7). Apakah komponen kebugaran jasmani yang bisa meningkatkan kesehatan?

Jawaban:
a. Daya tahan jantung dan paru-paru
b. Kekuatan
c. Daya tahan otot
d. Kelenturan
e. Komposisi tubuh

Soal No. 8). Jelaskan maksud dari kebugaran jasmani!

Jawaban:
Kebugaran jasmani adalah kemampuan dan daya tahan fisik atau tubuh seseorang dalam melakukan berbagai aktifitas kehidupan sehari-hari, tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Istilah kebugaran jasmanimemiliki pengertian yang tidak berbeda dari aspek fisik dalam total fitness atau yang dikenal sebagai physical fitness.

Soal No. 9). Sebutkan komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani!

Jawaban:
a. Kekuatan (Streght)
b. Daya tahan (Endurance)
c. Daya Otot (Muscular Power)
d. Kecepatan (Speed)
e. Daya lentur (Flexibility)
f. Kelincahan (Agility),
g. Koordinasi (Coordination)
h. Keseimbangan (Balance)

Soal No. 10). Apa yang dimaksud kelincahan?

Jawaban:
Kelincahan adalah merupakan salah satu komponen fisik yang banyak dipergunakan dalam berbagai olahraga. Kelincahan pada umumnya didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengubah arah secara efektif ,cepat dan tepat, sambil berlari hampir dalam keadaan penuh (dengan sekuat tenaga).

Soal No. 11). Jelaskan pelaksanaan tes pengukuran kelincahan dengan lari bolak-balik!

Jawaban:
Lari Bolak Balik | Shuttle – Run merupakan tes yang bertujuan untuk mengukur kelincahan, yaitu kemampuan untuk mengubah arah dengan cepat sambil melakukan gerakan. Kelincahan merupakan komponen kebugaran jasmani penting untuk banyak cabang olahraga sepertitenis, sepak bola, dan bola basket.

Peralatan: Stopwatch, pancang, pita pengukur, dan kapur atau pita untuk membuat lintasan lari dengan lebar 1,2 meter dan panjang lintasan 5 meter. Tempat pelaksanaan tes harus datar dan lurus.

Prosedur Pelaksanaan: Siswa berdiri di belakang garis dengan kaki depan tepat di atas garis start. Pada aba-aba “ya” siswa lari kedepan secepat mungkin ke garis lain, kemudian berputar dan kembali lagi ke garis start. Setiap melakukan putaran kedua kaki harus melewati garis start dan garis finish. Siswa harus melakukan kegiatan tersebut sebanyak 5 kali (siklus).

Satu siklus diartikan sebagai satu kali lari bolak balik. Hidupkan stopwatch pada aba-aba “ya” dan hentikam stopwatch pada saat dada pelari melewati garis. Penilaian : Siswa diberi kesempatan melakukan lari bolak-balik sebanyak 2 kali. Catat kedua waktunya dengan tingkat ketepatan 0,1 detik. Ambil waktu terbaik. Bagi siswa yang gagal melakukan tes bisa diberikan kesempatan untuk mengulangi lagi.

Soal No. 12). Apakah yang dimaksud dengan TKJI! Apa kegunaannya?

Jawaban:
Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) adalah suatu tolak ukur untuk mengukur tingkat kesegaran jasmani yang berbentuk rangkaian butir-butir tes yang menjadi salah satu tolak ukur dalam mengetahui tingkat kesegaran jasmani anak yang digolongkan sesuai dengan umur anak tersebut.

Soal No. 13). Bagaimana pengukuran kebugaran jasmani untuk kelompok umur 16-19 tahun?

Jawaban:
Pada Lari Sprint
umur 16-19 thn = Putra : 60 METER , Putri : 60 Meter

Pada penilaiannya :
Putra                            Putri
sd- 7.2 detik                sd – 8.4 detik                 Nilai 5 point
7.3 – 8.3 detik            8.5 – 9.8 detik                Nilai 4 point
8.4 – 9.6 detik            9.9 – 11.4 detik              Nilai 3 point
9.7 – 11.0 detik           11.5 – 13.4 detik            Nilai 2 point
11.1 – dst                      13.5 – dst                        Nilai 1 Point

Soal No. 14). Sebutkan tujuan utama latihan kebugaran!

Jawaban:
a. Meningkatkan daya tahan tubuh
b. Meningkatkan kelentukan persendian
c. Meningkatkan kekuatan otot
d. Meningkatkan kecepatan
e. Mempertahankan dan menyelaraskan kondisi tubuh dalam kehidupan sehari-hari

Soal No. 15). Sebutkan bentuk-bentuk latihan kekuatan!

Jawaban:
Latihan Kekuatan dan Daya Tahan Tubuh Bagian Atas :
a. push up
b. pull up
c. back up

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *