10 Soal Essay dan Jawaban Kekuasaan BPK serta Kekuasaan Kehakiman

BPK dan Kehakiman memiliki beberapa kekuasaan, berikut ini adalah 10 Soal Essay dan Jawaban Kekuasaan BPK serta Kekuasaan Kehakiman . Mudah-mudahan 10 Soal Essay dan Jawaban Kekuasaan BPK serta Kekuasaan Kehakiman  ini bermanfaat banyak.

Soal No. 1). Bagaimana konsekuensi adanya lembaga yang bebas dan mandiri di negara kita?

Jawaban:
Adanya lembaga yang bebas dan mandiri memiliki konsekuensi berupa risiko dikendalikan oleh pihak-pihak tertentu yang sarat kepentingan karena ‘merdeka’ dari kekangan aturan-aturan yang biasa mengatur lembaga negara.

Soal No. 2). Menurut pendapat Anda, apakah rakyat turut berperan dalam hal pemasukan keuangan negara?

Jawaban:
Sangat Berperang, Contohnya Rakyat membayar Pajak,
Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara(APBN), adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan negara Indonesia yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat.

APBN berisi daftar sistematis dan terperinci yang memuat rencana penerimaan dan pengeluaran negara selama satu tahun anggaran (1 Januari – 31 Desember). APBN, perubahan APBN, dan pertanggungjawaban APBN setiap tahun ditetapkan dengan Undang-Undang.

Soal No. 3). Berikan pendapat anda mengenai kebijakan pemerintah dalam mengelola keuangan negara agar dapat berjalan dengan seimbang antara pemasukan dan pengeluaran!

Jawaban:
Menyeimbangkan kembal fungsi APBN, dan lebih memperketat PAJAK di Indonesia.

Soal No. 4). Mengapa harus dibentuk lembaga yang khusus memeriksa keuangan Negara?

Jawaban:
Agar keuangan negara dapat dikontrol dengan baik oleh lembaga yang khusus untuk memeriksa keuangan, baik itu pengeluaran negara maupun pemasukan negara, baik itu dalan jumlah yang besar ataupun yang kecil.

Soal No. 5). Berikan pendapat anda mengenai peran keuangan negara dalam pencapaian tujuan negara!

Jawaban:
Tahapan pengelolaan keuangan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan. Semuanya sudah diatur di dalam UU No.17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.

Soal No. 6). Berikan pemahaman and mengenai pentingnya konsitusi dalam suatu negara!

Jawaban:
Konstitusi merupakan jaminan yg paling efektif dalam menjaga agar kekuasaan yg ada dlm Negara tidak salah gunakan dan hak asasi manusia/warga Negara tidak dilanggar, konstitusi sangat penting artinya bagi suatu Negara karena kedudukannya dalam mengatur dan membatasi kekuasan dalam suatu Negara.

Soal No. 7). Berikan penjelasan mengenai keterkaitan antara keuangan negara dan Badan Pemeriksa Keuangan!

Jawaban:
Keterkaitanya adalah sama sama berhubungan dengan uang & jika keuangan negara tidak ada maka badan pemeriksa keuangan juga tidak ada.

Soal No. 8). Meskipun telah dibentuk lembaga atau badan khusus yang menangani masalah hukum, masih banyak terjadi pelanggaran Hukum. Berikan Opini anda terkait fenomena tersebut!

Jawaban:
Karena hukum yang dijalankan belum berjalan dengan baik, dan juga kurangnya kesadaran masyarakat akan pelanggaran yang di buatnya.

Soal No. 9). Terangkan yang dimaksud dengan kekuasaan kehakiman harus merdeka dari pengaruh lembaga lain!

Jawaban:
Kekuasaan kehakiman dalam memutus perkara harus secara adil dan bijaksana sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945 serta UU yang berlaku.

Soal No. 10). Terangkan mengenai pentingnya pengelolaan keuangan negara secara baik dan benar!

Jawaban:
Keuangan negara penting sebagai penopang pembiayaan pencapaian tujuan negara. Ruang lingkup pengelolaan keuangan negara meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pertanggung jawaban keuangan negara.

Keuangan negara meliputi APBN dan APBD. Masalah yang dihadapi di antaranya efektivitas dan efisiensi; prioritas; kebocoran dan penyimpangan serta rendahnya profesionalisme. Oleh karena itu azas-azas pengelolaan keuangan negara perlu diterapkan agar tercipta good governance.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *