Jelaskan apa fungsi retikulum endoplasma halus

Fungsi retikulum endoplasma halus adalah Fungsi retikulum endoplasma halus adalah untuk membantu beberapa proses metabolisme seperti sintesis lipid, metabolisme karbohidrat serta juga konsentrasi kalsium, detoksifikasi obat-obatan dan menjadi tempat melekatnya reseptor pada protein membrane sel tersebut.

Kemudian retikulum endoplasma halus juga memiliki fungsi untuk melakukan proses metabolisme glikogen. Untuk menetralkan racun atau detoksifikasi obat. Dan untuk melakukan kerja sama dengan retikulum endoplasma kasar dalam proses sintesa antibodi.

Retikulum endplasma halus dan metabolisme

Enzim pada RE halus penting untuk sintesis lipid, fosfolipid, dan steroid. Steroid yang dihasilkan dalam RE halus termasuk hormon kelamin vertebrata dan berbagai hormon steroid yang disekresi oleh kelenjar adrenal. Sel-sel pada testis dan ovarium mengandung banyak RE halus, yang menunjukkan sifat struktural berkaitan dengan fungsinya. RE halus berperan dalam metabolisme karbohidrat, terutama pada sel-sel hati yang menyimpan karbohidrat dalam bentuk glikogen.

Glikogen dihidrolisis menghasilkan glukosa yang kemudian lepas ke darah. Produk pertama hidrolisis glikogen yaitu glukosa fosfat yang merupakan gula ionik yang tidak dapat keluar dari sel karena sifat polarnya. Enzim-enzim pada membran RE halus sel hati kemudian membuang fosfat pada gula ionik tersebut, yang membuat glukosa dapat keluar dari sel.

Retikulum endoplasma halus dan penetralan racun atau obat

Penetralan racun biasanya melibatkan penambahan gugus hidroksil ke dalam struktur obat yang membuat obat menjadi mudah larut dan mudah dikeluarkan dari tubuh. Contoh obat yang dimetabolisme dengan cara ini pada RE halus misalnya obat golongan barbiturat yang merupakan suatu obat penenang. Baik barbiturat ataupun alkohol ternyata memengaruhi proliferasi RE halus dan enzim penetral racun lainnya.

Akibatnya, zat-zat tersebut meningkatkan toleransi yang berarti dibutuhkan dosis yang lebih tinggi untuk mencapai efek tertentu, misal efek menenangkan. Dampak lebih luas, proliferasi RE halus juga memengaruhi respons terhadap obat-obat lainnya. Misal penyalahgunaan barbiturat dapat menurunkan kemanjuran antibiotika tertentu.