Contoh Fosfolipid adalah

Isi

Beberapa contoh fosfolipid adalah termasuk phosphatidylinositol, plasmalogens, dan sphingomyelins. Fosfolipid adalah molekul yang mengandung satu atau lebih gugus fosfat dan gliserol yang terikat dengan dua asam lemak.

Phosphatidylinositol adalah hadir fosfolipid dalam sel eukariotik. Ini terlibat dalam transduksi sinyal. Kadang-kadang disebut sebagai inositide, phosphatidylinositol terdiri dari asam fosfatidat yang dikombinasikan dengan inositol yang merupakan prekursor sinyal seluler. Phosopholiids adalah komponen utama dari membran sel. Semua fosfolipid berbagi struktur umum yang terdiri dari kepala kutub, atau kelompok kutub bermuatan, dan ekor asam lemak non-polar yang dihubungkan oleh hubungan gliserol.

Apa itu fosfolipid

Fosfolipid adalah jenis molekul lipid yang merupakan komponen utama membran sel. Lipid adalah molekul yang memasukkan lemak, lilin, dan beberapa vitamin, antara lain. Setiap fosfolipid terdiri dari dua asam lemak, kelompok fosfat, dan molekul gliserol. Ketika banyak fosfolipid berbaris, mereka membentuk lapisan ganda yang merupakan karakteristik dari semua membran sel.

Struktur Fosfolipid

  1. Trigliserida adalah ester gliserol, dibentuk oleh asam lemak yang dapat jenuh atau tidak jenuh.
  2. Tiga gugus hidroksil gliserol bereaksi dengan tiga molekul asam lemak untuk membentuk trigliserida.
  3. Fosfolipid adalah digliserida yang terdiri dari satu molekul gliserol (1,2,3-propantriol) yang bertubuh dua asam lemak pada posisi 1 dan 2 pada gliserol melalui ikatan ester.
  4. Kelompok hidroksil ketiga gliserol yang dilekatkan dengan asam fosfat melalui ikatan ester fosfat.
  5. Selanjutnya bagian fosfat terikat dengan alkohol amino kompleks oleh ikatan ester fosfat kedua. Alkohol amino kompleks ini bisa berupa kolin, etanol amina atau asam amino seperti serin.
  6. Karenanya sifat kimia dan fisik fosfolipid tergantung pada jenis rantai asam lemak dan alkohol amino. Sama seperti trigliserida, fosfolipid juga memiliki ujung polar dan non-polar.
  7. Rantai hidrokarbon panjang asam lemak bersifat non-polar sedangkan gugus fosfat adalah ujung kutub dengan oksigen bermuatan negatif dan nitrogen bermuatan positif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *