Apa Fungsi Serviks adalah

Berikut adalah fungsi leher rahim (serviks) adalah sebagai berikut:

  1. Leher rahim atau serviks ini mempunyai fungsi yang penting bagi perempuan. Fungsi leher rahim atau serviks ini tidak lepas dari fungsi lendir yang dikeluarkan darinya yang dinamakan lendir rahim. Serviks atau leher rahim  ini mengeluarkan lendir rahim yang kadarnya bisa berbeda-beda pada masama tertentu.
  2. Lendir rahim ini berfungsi sebagai perlindungan alami tubuh dari bakteri-bakteri yang berasal dari luar tubuh. Selain itu, lendir rahim ini juga berfungsi membantu sperma berenang menuju ovum dalam proses reproduksi.
  3. Lendir yang keluar pada masa subur dan masa tidak subur kadar atau jumlahnya tidak sama, dimana pada masa subur lendir yang dikeluarkan jumlahnya lebih banyak daripada lendir yang keluar pada masa tidak subur. Dan ketika masa hamil, serviks ini akan tertutup rapat sehingga lendir tidak akan bisa keluar dan menumpuk di dalam rahim untuk menjaga bayi dari bakteri dari luar yang dapat membahayakan janin yang dikandung.
  4. Selain itu serviks atau leher rahim ini dapat menjadi jalan yang baik untuk bayi lahir. Jika serviks sehat maka akan menjadi jalan yang sehat pula dalam proses melahirkan. Saat proses melahirkan, serviks yang mempunyai bentuk seperti donat ini mempunyai lubang yang sangat kecil dan bersifat elastis saat membuka dan menutup pada saat proses melahirkan.

Apa itu serviks

Pengertian Serviks merupakan salah satu organ reproduksi wanita yang terletak di bagian bawah rahim, yang menghubungkan rahim dengan organ Vital.

Fungsi serviks adalah mengeluarkan lendir yang berguna untuk perlindungan dari bakteri dari luar tubuh. Serviks berfungsi untuk mengeluarkan lendir rahim dan juga untuk membantu perjalanan sperma menuju rahim.

Fungsi serviks adalah untuk melindungi bagian dalam uteruis dari kuman atau jasad mikroskopik maupun mikroskopik.

Selama menstruasi, serviks membuka sejumlah kecil untuk memungkinkan lewatnya aliran menstruasi. Selama kehamilan, os serviks menutup untuk membantu menjaga janin di uterus sampai kelahiran. Fungsi penting lainnya dari leher rahim terjadi selama persalinan ketika serviks melebar, untuk memungkinkan perjalanan janin dari rahim ke daerah kewanitaan.

Leher rahim (serviks) adalah bagian dari Anatomi Organ Reproduksi Perempuan yang terletak di bagian bawah rahim. Fungsi Serviks (leher rahim) adalah membantu mendorong sperma dari vagina ke rahim. Serviks juga mengeluarkan beberapa jenis lendir dengan tugas yang berbeda.