Jelaskan teori arus balik

Jelaskan teori arus balik, masuk dan menyebarnya agama Hindu-Budha yang disebabkan oleh kepentingan rakyat Indonesia terhadap Hindu-Buddha, ajaran agama yang dibawa oleh para intelektual dari India yang bersemangat menyebarkan dan mengajarkan Hindu-Buddha. Teori arus balik didukung oleh bukti-bukti dari sejarah Prasasti Nalanda.

Dalam Prasasti Nalanda disebutkan bahwa Balaputradewa yang merupakan Raja Sriwijaya mengajukan permohonan kepada raja di India untuk membangun sebuah kuil di Nalanda digunakan sosok Sriwijaya untuk mendapatkan pengetahuan. Permintaan itu dikabulkan sehingga para pemimpin dan siswa Sriwijaya bisa belajar agama di India dan kemudian kembali ke Indonesia dan menyebarkan dan mengajarkan agama Hindu-Budha.

Teori Arus balik memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan Arus Teori balik ini adalah prasasti Nalanda untuk mendukung teori ini dan menjelaskan tentang keinginan para pemimpin Sriwijaya untuk studi di India. Namun, Teori arus balik ini juga memiliki kelemahan, yaitu kemungkinan sulitnya masyarakat Indonesia untuk studi agama di India karena pada saat itu masyarakat Indonesia masih dianggap pasif.

Teori Arus Balik yang dikemukakan  oleh F.D.K Bosch menyatakan peran aktif masyarakat Indonesia dimasa silam yang menimba ilmu ke India. Sekembalinya dari India, mereka kemudian menyebarkan pengetahuan mereka ke masyarakat yang lain.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *