Apakah Perbedaan Retikulum Endoplasma Halus dan Kasar ?

Retikulum endoplasma adalah suatu kumpulan kantung seperti membran berbentuk pipa, gelembung dan kantung piph yang meluas dalam sitoplasma sel eukariot.  Retikulum endoplasma dibagi dua kategori yaitu retikul endoplasma kasar dan retikulum endoplasma halus. Kedua macam retikulum endoplasma ini menyusun suatu sistem membran yang melingkupi suatu ruang. Retikum endoplasma berperan dalam berberapa hal seperti sintessa, penyimpanan lemak, detoksifikasi dan transport. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai perbedaan yang ada diantara Retikulum Endoplasma Halus dan Kasar.

Perbedaan Endoplasma Retikulum Halus  dan Retikulum endoplasma kasar adalah:

Penampilan: Perbedaan utama antara keduanya terletak pada penampilan. Jenis kasar memiliki permukaan bergelombang, sedangkan RE halus memiliki permukaan halus. RE kasar terdiri dari interkoneksi, struktur seperti kantung, yang terlihat seperti cakram diatur dalam baris teratur. RE halus seperti jaringan tubulus saling berhubungan.

Fungsi: Retikulum endoplasma kasar terutama bertanggung jawab untuk sintesis protein dan jenis halus terlibat dalam sintesis dan metabolisme lipid. RE halus juga merupakan lokasi untuk penyimpanan dan transportasi.

Proporsi: Proporsi retikulum endoplasma halus sangat kecil, bila dibandingkan dengan ER kasar. RE Halus kebanyakan ditemukan dalam sel-sel yang secara aktif terlibat dalam sintesis dan metabolisme lipid. Ia jelas terlihat dalam hati, ovarium, testis, otot, dll.

Retikulum endoplasma halus, meshwork dari vesikula tubular membran berbentuk halus, bagian dari organel membran terus menerus dalam sitoplasma sel eukariotik, yang terlibat dalam sintesis dan penyimpanan lipid, termasuk kolesterol dan fosfolipid, yang digunakan dalam produksi membran sel baru. Retikulum endoplasma halus (SER) dibedakan dari retikulum endoplasma kasar (RER), tipe dasar lainnya dari retikulum endoplasma, oleh kurangnya ribosom, yang merupakan partikel penyintesis protein yang dapat ditemukan melekat pada permukaan luar RER. untuk memberi membran penampilannya yang “kasar”. SER terjadi baik pada hewan maupun sel tumbuhan.

Retikulum endoplasma kasar, karena pada membrannya melekat banyak sekali ribosom sehingga tampak kasar di bawah mikroskop dan tidak tampak licin. Elemen karakteristik dari REG adalah berupa lembaran tipis yang terdiri dari 2 membran bersatu pada bagian tepi masing-masing dan dibatasi oleh suatu cavite berbentuk kantong yang aplatis (sakulus). Letak dan jumlah dari sakulus bervariasi, tergantung pada jenis sel dan fungsi dari aktivitasnya.

Bila letak REG berkembang balk, letak sakulus menjadi sistematis, terarah, paralel satu dengan yang lainnya. Pada sel-sel glandula dari acini pankreas dan paratoide terdapat pada maxilla. Semua sakulus menempati bagian basal dari sitoplasma. Pada sel yang kurang aktif juga mengandung sakulus namun jumlahnya jarang.