Apakah Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae ?

Dalam bidang tumbuhan ada yang namanya Gymnospermae dan Angiospermae. Untuk lebih memahami mengenai apa yang dimaksud dengan keduanya, maka berikut ini akan coba dijelaskan mengenai pengertian dari Gymnospermae dan Angiospermae. Dan juga penjelasan persamaan antara Gymnospermae dan Angiospermae, dan tidak lupa juga perbedaan yang ada di antara Gymnospermae dan Angiospermae.

Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae adalah:

  1. angiospermae adalah tanaman berbiji yang benihnya terkandung dalam ovarium di dalam buah. Gymnospermae adalah mereka yang benihnya terbuka dan tidak tertutup dalam ovula.
  2. angiosperma adalah tanaman yang memiliki jaringan triploid sementara gymnosperma memiliki haploid.
  3. Daun angiosperma datar sementara yang dari gymnosperma adalah bantalan kerucut atau jarum seperti.
  4. Gymnospermae dikenal sebagai kayu lunak karena mereka memiliki kemampuan untuk bertahan selama musim dingin sementara angiosperma dikenal sebagai kayu keras dan biasanya berubah warna selama dan mati.

Tanaman yang mengandung biji secara luas dibagi menjadi satu kelas yang dikenal sebagai Spermatophyta, yang selanjutnya dibagi lagi menjadi angiosperma dan gymnospermae. Kata gymnosperm berasal dari kata Yunani gymnospermos, yang berarti “benih telanjang”. Kedua jenis tanaman ini adalah bibit beruang. Meskipun perbedaan antara kedua jenis ini lebih jelas, poin yang disebutkan di bawah ini adalah beberapa kesamaan di antara keduanya.

Apakah persamaan Gymnospermae dan Angiospermae ?

  1. Mereka mampu menghasilkan serbuk sari untuk pembuahan, yang siphonogamous, yaitu, melalui tabung serbuk sari. Gymnosperma sebagian besar bergantung pada penyerbukan angin, dan beberapa angiosperma juga bergantung pada agen yang sama.
  2. Sporofit dari kedua varietas ini dibedakan menjadi akar, batang, dan daun.
  3. Selain pertumbuhan primer, batang mereka juga mengalami ekspansi oleh pertumbuhan sekunder.
  4. Seperti angiosperma, gymnospermae juga memiliki pembuluh darah dan sel pendamping. Sistem vaskular adalah umum untuk keduanya, yang terdiri dari bundel konjung dan vaskular (terbuka dan kolateral).
  5. Ovulasi kedua angiosperma dan gymnosperma berkembang menjadi biji. Cara perkecambahan biji mereka adalah epigeal, hypogeal, atau keduanya
  6. Satu kesamaan yang jelas adalah fase gametofitik yang berkurang dari kedua tanaman.
  7. Polyembryony, fitur umum dari gymnospermae, juga lazim di beberapa angiosperma dan suspensor terbentuk selama fase perkembangan embrio.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *