Apakah Perbedaan antara Sumsum Tulang Belakang dan Tulang Punggung ?

Tulang merupakan organ tubuh manusia dan hewan vertebrata yang sangata penting untuk kelanjutan hidupnya. Berikut ini ada 5 perbedaan antara sumsum tulang belakang dan tulang punggung.

Perbedaan Sumsum Tulang Belakang dan Tulang Punggung adalah:

  1. Tulang belakang milik sistem saraf, sedangkan tulang punggung milik sistem kerangka.
  2. Tali tulang belakang adalah selubung saraf yang panjang, sedangkan tulang belakang terdiri dari vertebra. Dengan demikian, tulang punggung tersegmentasi, tidak seperti sumsum tulang belakang.
  3. Tali tulang belakang terletak di dalam tulang punggung.
  4. Pada manusia rata-rata, tulang punggung lebih panjang dari sumsum tulang belakang.
  5. Tulang belakang memberikan dukungan bagi tubuh dan melindungi sumsum tulang belakang, sedangkan sumsum tulang belakang mengontrol aktivitas visceral di seluruh tubuh.

Apa yang dimaksud dengan sumsum tulang belakang?

Sumsum tulang belakang adalah struktur tubular yang panjang, tipis, dan terdiri dari jaringan saraf, yang memanjang dari medula oblongata di batang otak ke daerah lumbar kolom vertebra. Ini membungkus kanal sentral medula spinalis yang berisi cairan serebrospinal. Otak dan sumsum tulang belakang bersama-sama membentuk sistem saraf pusat (SSP).

Sumsum Tulang Belakang

Pada manusia, sumsum tulang belakang dimulai pada tulang oksipital di mana ia melewati foramen magnum, dan bertemu dan memasuki kanal tulang belakang pada awal vertebra serviks. Sumsum tulang belakang memanjang ke antara tulang belakang lumbar pertama dan kedua di mana ia berakhir. Kolom tulang belakang yang tertutup melindungi tulang belakang yang relatif lebih pendek. Itu sekitar 45 cm (18 in) pada pria dan sekitar 43 cm (17 in) pada wanita. Juga, sumsum tulang belakang memiliki lebar yang bervariasi, mulai dari 13 mm (1-2 inci) tebal di daerah serviks dan lumbar hingga 6,4 mm (1-4 inci) tebal di daerah dada.

Apa yang dilakukan sumsum tulang belakang?

Sumsum tulang belakang melakukan fungsi utama berikut:

Pertama ialah Komunikasi listrik. Sinyal listrik dilakukan ke atas dan ke bawah kabelnya, memungkinkan komunikasi antara bagian tubuh yang berbeda dan dengan otak, karena kabel itu berjalan melalui berbagai tingkat bagian batang.

Kedua ialah berjalan (juga dikenal sebagai penggerak). Selama berjalan, beberapa kelompok otot di kaki dikoordinasikan untuk berkontraksi berulang-ulang. Meskipun tindakan meletakkan satu kaki di depan yang lain sambil berjalan mungkin tampak sederhana bagi kita, itu harus dikoordinasikan dengan cermat oleh beberapa kelompok neuron yang dikenal sebagai generator pola sentral di sumsum tulang belakang! Neuron-neuron ini mengirimkan sinyal ke otot-otot di kaki, menyebabkan memanjang atau berkontraksi, menghasilkan gerakan bergantian yang terlibat dalam berjalan.

Ketiga ialah Refleks. Ini adalah respons tak terduga yang dapat diprediksi terhadap rangsangan yang melibatkan otak, sumsum tulang belakang, dan saraf sistem saraf tepi (PNS). Refleks dibahas lebih lanjut nanti dalam artikel ini.

Apa yang dimaksud dengan tulang punggung?

Tulang punggung adalah sekumpulan tulang yang berada di punggung anda yang membuat punggung anda mudah dan lentur bergerak. Tulang punggung adalah bagian penting yang menyokong semua pergerakan tubuh anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *