Apakah Fungsi Otot polos ?

Apakah Fungsi Otot polos ? Otot polos merupakan salah satu otot yang berada dalam tubuh manusia. Otot polos ini memiliki berbagai macam fungsi. Di bawah ini akan diuraiakan mengenai pengertian dari otot polos, fungsi otot polos serta letak atau posisi otot polos.

Otot polos adalah jenis jaringan otot yang digunakan oleh berbagai sistem untuk memberikan tekanan pada pembuluh dan organ. Otot polos terdiri dari lembaran atau untaian sel otot polos. Sel-sel ini memiliki serat aktin dan miosin yang berjalan melalui sel dan didukung oleh kerangka kerja protein lain. Otot polos berkontraksi dengan rangsangan tertentu karena ATP dibebaskan untuk digunakan oleh myosin. Jumlah ATP yang dilepaskan tergantung pada intensitas rangsangan, memungkinkan otot polos untuk memiliki kontraksi bertingkat yang berlawanan dengan kontraksi otot kerangka yang “hidup atau mati”.

Lokasi Otot Halus

Fungsi khusus ini berkontraksi untuk waktu yang lama dan mempertahankan kekuatan itu sebabnya otot polos telah diadaptasi ke banyak area tubuh. Garis otot polos banyak bagian dari sistem peredaran darah, sistem pencernaan, dan bahkan bertanggung jawab untuk mengangkat rambut di lengan Anda.

Dalam sistem peredaran darah, otot polos memainkan peran penting dalam menjaga dan mengendalikan tekanan darah dan aliran oksigen ke seluruh tubuh. Sementara sebagian besar tekanan diberikan oleh jantung, setiap vena dan arteri dilapisi dengan otot polos. Otot-otot kecil ini dapat berkontraksi untuk memberikan tekanan pada sistem atau bersantai untuk memungkinkan lebih banyak darah mengalir. Tes telah menunjukkan bahwa otot-otot halus ini dirangsang oleh ada atau tidak adanya oksigen, dan memodifikasi pembuluh darah untuk menyediakan oksigen yang cukup ketika rendah.

Otot polos juga melapisi sebagian besar sistem pencernaan, untuk alasan yang sama. Namun, sel-sel dalam sistem pencernaan memiliki rangsangan yang berbeda dari yang ada di sistem sirkulasi. Misalnya, lembaran-lembaran jaringan otot polos di usus bereaksi terhadap Anda menelan. Ketika Anda menelan, ketegangan diterapkan ke satu sisi lembaran. Sel-sel di sisi itu berkontraksi sebagai reaksi, gelombang mulai merambat sendiri ke saluran pencernaan Anda. Fenomena ini dikenal sebagai peristaltik, dan bertanggung jawab untuk memindahkan makanan melalui banyak tikungan dan putaran usus.

Otot polos, karena kemampuannya untuk berkontraksi dan menahan, digunakan untuk banyak fungsi di banyak tempat tubuh. Selain yang tercantum di atas, otot polos juga bertanggung jawab untuk mengontraksikan iris, mengangkat rambut kecil di lengan Anda, mengontrak banyak sphincter di tubuh Anda, dan bahkan menggerakkan cairan melalui organ dengan memberikan tekanan pada mereka. Sementara otot polos tidak berkontraksi atau terlepas secepat otot rangka atau jantung, itu jauh lebih berguna untuk memberikan ketegangan elastis yang konsisten

Otot polos merupakan jenis otot yang bekerja tanpa kesadaran manusia. Kinerjanya dipengaruhi oleh sistem saraf tak sadar atau yang sering disebut sistem saraf otonom. Otot polos terbentuk oleh sel-sel yang bentuknya seperti gelondong di mana kedua ujungnya memiliki bentuk yang runcing. Otot polos memiliki satu inti sel. Adapun fungsi dari otot polos berdasarkan letaknya masing-masing adalah:

  1. Otot polos yang berada di dalam rahim akan membantu proses kelahiran bayi dengan mendorong keluarnya bayi dari rahim
  2. Otot polos yang berada di kandung kemih akan membantu keluarnya urin dari tubuh
  3. Dalam pembuluh darah, otot polos akan membantu menentukan aliran darah di dalam arteri
  4. Di dalam saluran pencernaan, otot polos membantu proses perpindahan makanan
  5. Di bagian-bagian manusia, otot polos membantu proses menyusutnya pupil saat proses penglihatan terjadi
  6. Dalam pembuluh darah arteri, otot polos membantu mempertahankan diameter pembuluh arteri
  7. Pada paru-paru, otot polos membantu mengatur aliran udara dan membantu memperluas dan kontak yang diperlukan oleh paru-paru.
  8. Saat ejakulasi, otot polos akan mencegah pria untuk buang air kecil dengan cara mengkonstriksi otot sfingter
  9. Pada testis, otot polos akan membantu proses pengaturan suhu dengan berkontraksi atau memperluas
  10. Pada arteri dan vena, otot polos membantu mengatur tekanan darah