Apa yang dimaksud garis wallace

yang dimaksud Garis Wallace adalah garis khayal atau imajiner di Indonesia antara Kalimantan dan pulau timur Sulawesi. Jalur ini memiliki arti karena memisahkan dua daerah zoogeografi yang masing-masing terkait dengan Asia dan Australia. Garis Wallace dibuat oleh naturalis Inggris Alfred Russel Wallace.
Dalam penjelajahannya di Indonesia ia menemukan sebuah garis imajiner yang membagi flora dan fauna di Indonesia dan fauna masih memiliki hubungan dengan flora dan fauna dari Australia dan memiliki karakteristik yang sangat mirip. Sementara di bagian lain sangat mirip dengan flora dan fauna dari Asia. Dia dianggap sebagai ahli terkemuka dari abad ke-19 di bidang distribusi spesies hewan dan kadang-kadang dikenang sebagai bapak Biogeografi Evolusi dari studi pada spesies, tinggal di mana, dan mengapa. Dia adalah seorang pemikir revolusioner pada abad ke-19 dan memberikan banyak masukan ke dalam pengembangan teori evolusi serta co-penemu teori seleksi alam.
Menurut geografis, garis wallace ini terletak dari teluk Lombok sampai teluk Makassar, dengan demikian wilayah daerah Negara Indonesia adalah salah satu tempat penyebaran hewan-hewan jenis Asiatis yaitu daerah Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, dan yang terakhir Pulau Bali yang terletak pada sebelah barat garis wallace.