Apa Sajakah Jenis-Jenis Daun dan Fungsinya ?

Daun merupakan bagian dari tumbuhan, dana memainkan peranan penting dalam pertumbuhan tumbuhan tersebut. Daun juga memiliki beberapa jenis, artikel di bawah ini mencoba membantu untuk menjelaskan mengenai jenis-jenis daun dan fungsinya.

Berdasarkan bentuknya, jenis daun dibedakan menjadi:

Tulang Daun Menyirip

Tulang daun menyirip berbentuk seperti susunan sirip ikan. Contohnya adalah daun mangga, daun jambu, daun nangka, dan daun rambutan. Daun jambu biji bermanfaat untuk mengobati diare, mengobati maag, mengobati luka, dan juga mengatasi jerawat dan komedo.

Daun sirih juga termasuk daun bertulang menyirip. Sirih merupakan tumbuhan yang sangat besar manfaatnya. Ia mengandung zat antiseptik pada seluruh bagiannya. Daunnya banyak digunakan untuk merawat hidung berdarah, mata merah, keputihan, membuat suara nyaring, mengatasi bau badan dan mulut, sariawan, mimisan, gatal-gatal dan koreng, danmasih banyak lagi.

Tulang Daun Menjari

Bentuk tulang daun menjari seperti susunan jari-jari tangan. Contohnya adalah daun pepaya, daun singkong, kapas dan daun jarak. Daun Singkong adalah salah satu jenis daun menjari. Daun singkong juga berkhasiat sebagai anti kangker, mencegah konstipasi dan anemia, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Ada beberapa manfaat dari daun pepaya, yaitu : Sebagai obat jerawat, penambah nafsu maka, pelancar pencernaan, dan obat demam berdarah.

Contoh daun yang memiliki jenis tulang menjari adalah daun kapas. Kapas sendiri sering kita lihat dalam kehidupan sehari. Dapat kita gunakan sebagai pembersih wajah, isi kasur, maupun pembersih luka di kulit

Tulang Daun Melengkung

Bentuk tulang daun melengkung seperti garis-garis lengkung.tulang daun jenis ini dapat kita temukan pada berbagai tumbuhan di lingkungan sekitar kita. Ujung-ujung tulang daun melengkung terlihat menyatu. Contohnya adalah daun sirih, daun gadung, dan daun genjer.

Tulang Daun Sejajar

Bentuk tulang daun sejajar seperti garis-garis lurus yang sejajar. Tiap-tiap ujung tulang daun ini menyatu. Contohnya adalah tebu, padi, dan semua jenis rumput.

Fungsi daun pada tumbuhan

  1. Tempat terjadinya fotosintesis. Pada tumbuhan dikotil, terjadinya fotosintesis di jaringan parenkim palisade. sedangkan pada tumbuhan monokotil, fotosintesis terjadi pada jaringan spons.
  2. Sebagai organ pernapasan. Di daun terdapat stomata yang befungsi sebagai organ respirasi (lihat keterangan di bawah pada Anatomi Daun).
  3. Tempat terjadinya transpirasi.
  4. Tempat terjadinya gutasi.
  5. Alat perkembangbiakkan vegetatif. Misalnya pada tanaman cocor bebek (tunas daun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *