Apa Sajakah Gangguan Sistem Endokrin ?

Sistem endokrin adalah jaringan kelenjar yang memproduksi dan melepaskan hormon yang membantu mengendalikan banyak fungsi tubuh penting, termasuk kemampuan tubuh untuk mengubah kalori menjadi energi yang menggerakkan sel dan organ. Sistem endokrin mempengaruhi bagaimana jantung Anda berdetak, bagaimana tulang dan jaringan tumbuh.

Umumnya, gangguan endokrin akan muncul ketika ada masalah dengan sistem umpan balik yang mempertahankan kadar hormon tertentu dalam aliran darah. Karena sifat kompleks dan interkoneksi dari sistem ini, ada berbagai kondisi yang dapat menyebabkan gangguan endokrin, termasuk diantaranya adalah:

  1. Tumor satu atau lebih kelenjar endokrin
  2. Infeksi tubuh yang memengaruhi kadar hormon
  3. Kerusakan kelenjar endokrin
  4. Gangguan genetik seperti hiperparatiroidisme terisolasi keluarga
  5. Masalah dengan sistem umpan balik endokrin, menyebabkan kelebihan produksi atau kekurangan produksi hormon tertentu

Jenis penyakit Sistem Endokrin

Secara garis besar, gangguan endokrin dapat dibagi menjadi tiga kelompok:

  1. Hiposekresi kelenjar endokrin (menyebabkan defisiensi hormon)
  2. Hipersekresi kelenjar endokrin (menyebabkan kelebihan hormon)
  3. Tumor (jinak atau ganas) kelenjar endokrin

Gangguan endokrin seringkali cukup kompleks, melibatkan gambaran campuran hyposecretion dan hypersecretion karena mekanisme umpan balik yang terlibat dalam sistem endokrin. Misalnya, sebagian besar bentuk hipertiroidisme terkait dengan kelebihan hormon tiroid dan kadar hormon perangsang tiroid yang rendah.

Tidak ada penyebab spesifik gangguan endokrin, karena ada banyak jenis penyakit ini. Sistem endokrin, yang mencakup kelenjar pituitari, kelenjar tiroid, kelenjar paratiroid, kelenjar adrenal, pankreas, ovarium, dan testikel, menggunakan hormon untuk mengatur dan mengkoordinasikan berbagai fungsi dalam tubuh, termasuk pertumbuhan, reproduksi, dan tingkat energi.