Apa ciri utama sejarah

Ciri utama sejarah. Sejarah merupakan cabang ilmu pengetahuan yang berkembang dengan metode-metode serta standar-standar tertentu. Mempelajari ilmu sejarah merupakan suatu jenis berfikir secara historis. Cara berpikir sejarah berbeda dengan cara berpikir ilmu pengetahuan alam. Ciri utama sejarah adalah:

Peristiwa Abadi

Ciri utama pertama adalah sebuah peristiwa yang berlangsung abadi. Peristiwa abadi ini berarti sejarah yang tidak akan berubah berlalunya waktu, dan akan selalu dikenang sepanjang masa. Setiap sejarah tentu harus memiliki karakteristik ini.

Peristiwa Unik

Karakteristik kedua adalah sejarah peristiwa yang unik. Unik berarti bahwa alih-alih jalannya peristiwa biasa, harus diingat dan langka. Selain itu, acara yang unik ini dapat diartikan hanya terjadi sekali untuk selama-lamanya dan tidak akan terjadi lagi untuk kedua kalinya.

Peristiwa yang Penting

Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang penting dan dapat dijadikan momentum, karena mempunyai arti dalam menentukan kehidupan orang banyak.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Kata sejarah berasal dari beberapa bahasa, salah satunya berasal dari bahasa arab, yaitu “syajarotun” yang berarti pohon. Maksudnya sejarah sama artinya dengan sebuah pohon yang terus berkembang dari tingkat sederhana ke tingkat yang lebih maju. Itulah sebabnya sejarah diumpamakan menyerupai perkembangan sebuah pohon yang terus berkembang dari akar sampai ranting yang terkecil.

J. V. Bryce

Sejarah merupakan catatan dari berbagai kejadian yang telah dipikirkan sebelumnya, dikatakan sebelumnya, dan tentunya dilakukan oleh umat manusia.

Gardiner

Sejarah merupakan cabang ilmu yang mempelajari mengenai apa apa yang telah dilakukan oleh umat manusia.

W.H. Walsh

Sejarah fokus pada hal hal catat mencatat yang artinya penting bagi kehidupan manusia. catatan tersebut dapat berupa tindakan tindakan tertentu dan pengalaman tertentu dari manusia di masa lalu yang berkaitan dengan hal hal penting dan menjadi sebuah cerita yang berarti bagi orang orang tertentu pula.