Perbedaan Kelenjar Endokrin dan eksokrin

Selamat berjumpa kembali kawan-kawan, pada kali ini admin akan mencoba memberikan uraian singkat mengenai perbedaan antara Kelenjar Endokrin dan Eksokrin. Dan terlebih dahulu akan diberikan uraian mengenai pengertian Kelenjar Endokrin dan Eksokrin.

Yang dimaksud kelenjar eksokrin adalah kelenjar yang secara langsung melepaskan sekresi mereka ke dalam organ atau jaringan target. Organ / jaringan target adalah yang akan bereaksi terhadap sekresi kelenjar. Atau, kelenjar endokrin adalah kelenjar yang melepaskan sekresi mereka ke dalam aliran darah. Darah kemudian membawa zat-zat ke seluruh tubuh sampai mencapai organ targetnya. Sekresi ini tidak berguna atau tidak akan berdampak pada organ atau jaringan yang tidak memiliki reseptor spesifik untuk sekresi, yaitu yang tidak menjadi organ target.

Cara lain untuk membedakan antara dua istilah adalah bahwa kelenjar eksokrin memiliki saluran untuk pengangkutan sekresi mereka, sedangkan kelenjar endokrin tidak memiliki saluran. Kelenjar keringat, misalnya, adalah kelenjar eksokrin, dan memiliki saluran spesifik. Atau, kelenjar hipofisis adalah kelenjar endokrin, dan tidak memiliki saluran ini.

Hormon adalah sekresi kelenjar endokrin. Sistem endokrin bekerja bersama dengan sistem saraf dalam membawa keseimbangan bagi tubuh kita dan mengendalikan berbagai tindakan. Sementara yang terakhir menggunakan penggunaan impuls listrik, yang pertama menggunakan hormon.

Kelenjar endokrin mengeluarkan produknya, misalnya hormon, langsung ke dalam darah. Contoh dari kelenjar endokrin adalah kelenjar adrenal yang mengeluarkan adenaline yang dibuat di medula adrenal langsung ke dalam darah. Kelenjar eksokrin mengeluarkan produknya misalnya enzim, menjadi saluran yang mengarah ke jaringan target. Misalnya kelenjar ludah mengeluarkan air liur ke saluran pengumpul yang mengarah ke mulut.

Penting untuk dicatat bahwa pankreas melakukan fungsi endokrin dan eksokrin. Ini melepaskan insulin dan glukagon langsung ke dalam darah (endokrin) dan juga mengeluarkan cairan pankreas ke saluran pankreas yang mengarah ke duodenum (eksokrin).

Sistem endokrin adalah sistem kontrol kelenjar tanpa saluran (ductless) yang menghasilkan hormon yang tersirkulasi di tubuh melalui aliran darah untuk memengaruhi organ2 lain. Sedangkan kelenjar eksokrin adalah kelenjar yang memiliki saluran khusus tidak melalui darah .