Apakah Perbedaan antara Protein dan Asam amino

Asam amino disebut peptida, dan mereka adalah subunit kecil yang terbuat dari karbon, hidrogen, oksigen, dan senyawa lainnya. Protein juga disebut polipeptida, dan mereka rantai asam amino yang dihubungkan bersama – rantai yang dapat mengandung ribuan asam amino. Tubuh Anda memiliki kemampuan untuk memecah protein menjadi asam amino, dan membangun kembali asam amino menjadi protein, dan kedua proses itu penting bagi kesehatan Anda.

Perbedaan asam amino dengan protein adalah:

  1. Asam amino berfungsi sebagai blok bangunan protein dalam tubuh sementara rantai asam amino adalah protein.
  2. Hewan memerlukan dan harus mendapatkan asam amino yang sangat diperlukan dari makanan karena protein juga sangat diperlukan dalam makanan yang diperlukan hewan mengingat fakta bahwa hewan tidak dapat memproduksi masing-masing dan setiap asam amino.
  3. Ahli kimia Prancis Louis-Nicolas Vauquelin dan Pierre Jean Robique mengungkapkan asam amino paling awal sementara ahli kimia Belanda Gerardus Johannes Mulder pada prinsipnya mengilustrasikan protein-protein tersebut selain menamakannya pada 1838 oleh ahli kimia Swedia Jöns Jacob Berzelius.
  4. Degradasi pirotein terjadi karena kegagalan untuk mendapatkan jumlah yang cukup bahkan satu dari 10 asam amino esensial.

Dasar-Dasar Asam Amino

Meskipun semua asam amino memiliki struktur yang sama, masing-masing secara kimia berbeda. Ketika mereka bergabung bersama untuk membentuk protein baru, struktur individu dari asam amino dan bagaimana mereka berinteraksi dengan asam amino tetangga dalam rantai protein membantu menentukan bentuk akhir, dan, karena itu, fungsi utama dari protein. Asam amino mempengaruhi bagaimana protein digunakan dalam tubuh Anda, tetapi, sebaliknya, protein tubuh Anda mungkin tidak secara langsung mempengaruhi fungsi asam amino.

Sintesis protein

Ketika sel-sel tubuh Anda menerima pesan – misalnya, ketika sel-sel kekebalan mengirim peringatan bahwa mikroorganisme penyerang telah memasuki tubuh Anda dan meminta produksi antibodi untuk melawannya – sel-sel ini dapat memulai proses sintesis protein. Dengan menggunakan informasi yang disandikan dalam materi genetik Anda, mesin pembangun protein di dalam sel Anda menyatukan asam amino dari protein makanan Anda dan menyusunnya dalam urutan tertentu untuk menciptakan protein yang Anda butuhkan saat ini. Dengan cara ini, protein menggunakan asam amino penyusunnya untuk menjadi molekul berfungsi penuh yang dibutuhkan tubuh Anda untuk menjaga kesehatan.

Fungsi Protein dan Asam amino

Setelah asam amino bergabung menjadi protein, protein dapat melayani banyak fungsi dalam tubuh Anda. Mereka mendukung kesehatan kekebalan tubuh Anda, membangun dan memperbaiki otot, menyediakan struktur untuk organ-organ internal Anda dan mengirim pesan antar sel, dan mereka tergantung pada asam amino yang menyusunnya. Namun, sebagai molekul individu, asam amino dapat berkontribusi pada kerja tubuh Anda terlepas dari peran integral mereka dalam protein.

Misalnya, sebagian asam amino dapat dikonversi menjadi glukosa untuk digunakan sebagai bahan bakar selama waktu diet Anda mengandung terlalu banyak protein tetapi terlalu sedikit karbohidrat. Asam amino lainnya dapat menjadi asam lemak untuk disimpan dalam jaringan adiposa Anda ketika Anda memiliki lebih banyak protein dan kalori dalam diet Anda daripada yang Anda butuhkan.

Meskipun mereka berbeda, protein dan asam amino menunjukkan tingkat saling ketergantungan yang tinggi. Tanpa asam amino, tubuh Anda tidak dapat memproduksi protein. Tanpa protein diet, tubuh Anda tidak dapat mengakses semua asam amino yang dibutuhkan untuk membuat protein ini. Sel-sel Anda dapat memproduksi beberapa asam amino – dikenal sebagai non-esensial – sementara asam amino esensial merupakan komponen penting dari diet Anda karena Anda tidak memiliki kemampuan untuk mensintesisnya. Kedua jenis asam amino diperlukan untuk kesehatan yang baik, dan diet seimbang menyediakan protein yang cukup dan pelengkap asam amino esensial yang Anda butuhkan setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *