Sebutkan 3 Fungsi sel goblet

Sel goblet adalah garis keturunan sel epitel sekretori yang ditemukan di usus halus dan usus besar. Fungsi utama sel goblet adalah produksi lendir, yang membentuk lapisan seperti gel pelindung di atas epitel permukaan dan melindungi terhadap invasi bakteri (Johansson et al., 2008) (dibahas secara rinci dalam Bagian 4).

Produk lain yang disekresikan dari sel goblet termasuk molekul seperti-resisten β (Artis et al., 2004), yang berfungsi memodifikasi imunitas yang diperantarai sel T (Nair et al., 2008), dan faktor trefoil, yang mendorong restitusi epitel setelah cedera mukosa (Farrell et al., 2002; Mashimo, Wu, Podolsky, & Fishman, 1996; Playford et al., 1995).

Akhirnya, penelitian terbaru telah mengungkapkan bahwa sel goblet dapat memperoleh antigen terlarut dari lumen usus dan mengirimkannya ke sel dendritik subepitel (McDole et al., 2012). Dengan demikian, sel-sel piala berpartisipasi dalam pengambilan antigen dan presentasi ke sel-sel kekebalan yang mendasarinya, yang sebelumnya dianggap sebagai fungsi eksklusif sel-sel M usus (dibahas kemudian).