Biaya Pembangunan Gedung Di Surga

Surga merupakan balasan dari Allah untuk orang-orang yang beriman kepada-Nya, selama hidup di dunia selalu beribadah dan tidak berbuat durhaka kepada-Nya. Dia akan memberikan gedung-gedung yang indah kepada orang-orang beriman.

Nabi Muhammad bersabda, “Aku telah melihat para malaikat sedang membangun beberapa gedung. Ada dari batu bata emas ada pula dari batu bata perak. Tetapi lalu mereka berhenti dari pembangunan itu. Aku bertanya kepada mereka, ‘Mengapa kamu hentikan pembangunan itu?’ mereka menjawab, ‘Telah habis biayanya pada kami.’

Aku bertanya lagi, ‘Apa biayanya untuk pembangunanmu?’ mereka menjawab, ‘Dzikir Allah, karena pemilik gedung ini selalu berdzikir kepada Allah tetapi setelah dia berhenti berdzikir kepada Allah kami pun berhenti dari pembangunan itu.’ Seperti firman Allah, ‘Barang siapa yang mengehndaki keuntungan di akhirat maka Kami akan menambah keuntungan itu untuknya. Dan barang siapa yang menghendaki keuntungan di dunia Kami pun akan memberi keuntungan itu, dan tidaklah dia mendapatkan bagian sedikitpun di akhirat.’ (Asy Syuuraa: 20)

Tingkatan orang di surga

Allah berfirman dalam surat Az Zumar ayat 73, “Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya dibawa ke surga dalam keadaan berkelompok-kelompok.”

Dengan berkelompok yang berbeda menurut perbedaan tingkat keutamaan dan ketingian derajatnya. hal itu terjadi sebelum hisab atau sesudah hisab, dengan hisab ringan atau hisab yang berat. sebelum hisab itulah yang tepat dengan ayat sebelum ayat di bawah ini:

“Dan diberikanlah buku catatan amal.” (Az Zumar: 69)

Sedang yang membawa dan mengantar mereka adalah para malaikat dengan perintah Allah. malaikat-malaikat mengawal mereka ini dengan pengawalan sebagai kemuliaan dan penghormatan tanpa susah payah maupun kesengsaraan, bahkan dengan nikmat dan senang karena ingin cepat membawa mereka ke tempat kemuliaan. Kemudian yang dimaksud orang yang bertakwa itu adalah orang-orang yang memelihara diri dari syirik. Mereka itulah umumnya penghuni surga. Lalu tingkatan di atas mereka adalah orang-orang yang difirmankan Allah:

“Dan didekatkanlah surga itu kepada orang-orang yang bertakwa.” (Qaf: 31)

Dan di atas mereka ini adalah orang yang difirmankan Allah dalam surat Maryam ayat 85, “Pada harinya Kami mengumpulkan orang-orang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Pengasih sebagai perutusan terhormat.”

Telah dibedakan diantara orang-orang yang dikawal ke surga dan orang-orang yang surga didatangkan dekat dengan mereka. Pada hakekatnya orang-orang yang dikawal adalah orang yang menganiaya pada dirinya sendiri, orang yang surga didekatkan pada mereka adalah orang-orang yang sederhana (pada pertengahan dalam beramal). Sedang orang-orang yang menjadi perutusan adalah orang-orang sabiqin (orang-orang pendahulu).

 

Sumber: Durrotun Nasihin